10 Gejala Penyakit Lupus Pada Orang Dewasa

10 Gejala penyakit lupus pada orang dewasa – Penyakit Lupus adalah sebuah penyakit peradangan kronis yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Peradangan tersebut dapat mempengaruhi banyak sistem dan organ tubuh diantaranya, otak, jantung, paru-paru, ginjal, sendi, kulit dan sel darah. Lupus merupakan penyakit kronis yang perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih serius.

Penyakit lupus kebanyakan sulit untuk dideteksi, kondisi ini disebabkan karena gejala dari penyakit lupus umumnya hampir sama dengan gejala penyakit lainnya. Namun gejala yang khas dari lupus adalah timbulnya ruam pada wajah menyerupai sayap kupu-kupu yang terdapat pada kedua pipi. Semua orang mempunyai risiko yang sama mengalami penyakit lupus, yang membedakan hanya faktor genetika. Beberapa orang terlahir dengan mempunyai risiko terserang lupus, hal tersebut disebabkan oleh infeksi, penggunaan obat-obatan tertentu atau karena paparan sinar matahari.

10 Gejala Penyakit Lupus Pada Orang Dewasa

10 Gejala Penyakit Lupus Pada Orang Dewasa

Wanita lebih rentang mengalami penyakit lupus dibandingkan dengan pria. Lupus dapat dialami oleh siapapun, namun umumnya dialami seseorang pada usia 15 sampai 40 tahun. Jenis penyakit lupus yang sering dialami adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE), penyakit lupus yang meyerang organ-organ tubuh dengan tingkat gejala ringan sampai parah, gejala bisa berkembang secara perlahan dan bertahan lama atau bisa bersifat sementaran tetapi bisa kambuh lagi. Berikut adalah gejala SLE pada orang dewasa :

  • Demam tinggi
    Penderita penyakit lupus dapat mengalami gejala seperti demam tinggi dengan suhu lebih dari 38 derajat celsius. Kondisi tersebut tentunya sangat tidak normal karena suhu tubuh yang sangat tinggi bahkan melebihi penderita demam berdarah.
  • Pembengkakan pada sendi dan arthritis
    Gejala ini sering timbul pada penderita penyakit lupus, terutama pada bagian pergelangan tangan, sendi kecil dijari tangan, lutut, siku dan pergelangan kaki. Pembengkakan diakibatkan adanya masalah pada organ ginjal. Oleh sebab itu, sangat perlu memperhatikan kesehatan organ tubuh lainnya supaya penyakit tidak menyebar dan semakin parah.
  • Timbulnya ruam
    Ini merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit lupus, biasanya ruam terjadi pada kulit tubuh bagian tangan, lengan, wajah, leher, dan punggung. Ruam yang terjadi pada wajah biasanya berbentuk sayap kupu-kupu dibagian kedua pipi dan hidung.
  • Sensitivitas terhadap cahaya (Photosensitivity)
    Penderita lupus biasanya akan sangat sensitiv terhadap paparan sinar matahari. Hal ini karena dapat memperparah ruam pada kulit serta sensasi kulit yang terbakar.
  • Anemia dan rasa lelah yang ekstrim dan berkepanjangan
    Anemia terjadi karena akibat dari kurangnya pasokan oksigen dalam darah yang disalurkan keseluruh tubuh. Sehingga penderita lupus akan mengalami penurunan kapasitas tenaga untuk melakukan aktivitas yang menyebabkan rasa lemah dan letih.

Obat Herbal Lupus

  • Masalah berat badan
    Penderita lupus juga akan mengalami masalah pada berat badannya. Baik penurunan berat badan ataupun malah mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.
  • Timbul rasa nyeri pada dada
    Nyri dada dapat timbul karena adanya masalah atau gangguan pada saluran pernapasan, seperti sesak napas.
  • Mata kering dan rambut rontok
    Kondisi mata kering dapat disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh penderita. Selain mata, mulut juga dapat mengalami kekeringan. Sedangkan kerontokan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang folikel rambut yang akhirnya rusak dan menimbulkan kerontokan.
  • Mudah memar, gelisah, depresi, sakit kepal dan kehilangan memori
    Penderita lupus biasanya akan mengalami peningkatan terhadapt kecemasan atau kegelisahan, depresi, merasa sering pusing atau sakit kepala, gangguan ingatan dan mudah mengalami cedera seperti memar.
  • Kejang dan nyeri otot
    Meskipun jarang terjadi, namun mengalami kejang asalah salah satu gejala dari penyakit lupus. Penderita bisa saja mengalaminya meskipun frekuensi kejangnya jarang.

Itulah 10 gejala penyakit lupus pada orang dewasa. Gejala lainnya mungkin dapat terjadi, selalu waspadai setiap gejala penyakit yang dialami, kemungkinan itu bisa jadi adalah gejala penyakit lupus. Segera tangai penyakit lupus secara tepat agar penyakit tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi penyakit yang serius.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *