10 Makanan Pereda Nyeri Haid

Nyeri haid banyak dialami hampir semua wanita yang sudah mengalami menstruasi, nyeri haid umumnya dirasakan pada saat awal masa menstruasi. Pada sebagian wanita, nyeri yang dirasakan pada bagian bawah perut tidak begitu mengganggu sehingga dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, pada sebagian wanita lainnya mengalami nyeri haid yang begitu hebat sehingga tidak tertahankan hingga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Penyabab nyeri haid atau disminore dapat berbeda-beda. Umumnya nyeri haid disebabkan karena dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat sehingga memicu timbulnya rasa nyeri di bagian bawah perut. Namun jika sara nyeri semakin berat atau semakin parah, bisa jadi penyebabnya adalah adanya penyakit atau kondisi tertentu.

10 Makanan Pereda Nyeri Haid

10 Makanan Pereda Nyeri Haid

Bagi Anda para wanita yang sering mengalami nyeri haid, kami mempunyai solusinya. Bisa Anda coba lakukan cara ini dirumah supaya nyeri saat menstruasi bisa berkurang. Ada beberapa makanan yang diyakini dapat membantu mengurangi dan meredakan nyeri haid. Simak informasi selengkapnya dibawah ini:

  • Ikan
    Ikan kaya akan kandungan asam lemak jenuh omega-3 dan vitamin D yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut dapat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi serta membuat otot menjadi rileks dan stabil. Jenis ikan yang banyak mengandung omega-3 adalah ikan samlon, ikan tersebut juga mempunyai efek anti inflamasi yang dapat menurunkan risiko kembung. Konsumsi ikan salmon sebelum masa menstruasi sehingga dapat mencegah timbulnya rasa nyeri.
  • Sayuran Hijau
    Saat menstruasi wanita biasanya mengeluarkan banyak darah, sehingga membutuhkan asupan nutrisi seperti zat besi, magnesium dan potasium. kekurangan darah menjadi penyebab wanita sering lelah, pusing, gangguan penglihatan dan lain sebagainya. Dalam sayuran hijau terdapat nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita, contohnya bayam dan kangkung yang mengandung zat besi dan juga kalsium yang dapat membantu meredakan nyeri haid.
  • Gandum
    Gandum juga sangat baik dikonsumsi saat sedang masa menstruasi karena gandum mengandung nutrisi seperti magnesium, vitamin B dan E. Kandungan tersebut dapat mengurangi rasa kram, mengurangi rasa lemah dan bisa memperbaiki mood. Sehingga disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi gandum pada saat masa menstruasi.
  • Daging Sapi dan Telur
    Daging sapu dan telur adalah sumber protein yang cukup untuk memberikan gizi serta meregenerasi sel pada tubuh. Kandungan protein juga dapat mencegah anemia. Anda bisa mengkonsumsi telur dan daging sapi untuk membantu mencegah nyeri haid serta sebagai asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.
  • Coklat Hitam
    Coklat hitam kaya akan kokoa, mengkonsumsi coklat dapat memperbaiki mood karena mengandung antioksidan serta serotonin sehingga membuat perasaan bahagia. Biasanya wanita akan menjadi sensitif pada saat menstruasi, makan coklat sebagai cemilan baik pada saat sedang haid.

Baca Juga : Obat Menstruasi Tidak Teratur

  • Yogurt
    Yogurt kaya akan kandungan kalsium serta sebagai probiotik, sehingga mengkonsumsi yogurt dua kali sehari dapat membantu meredakan nyeri haid. Anda bisa mencempurkan yogurt dengan buah-buahan segar untuk dikonsumsi selama masa menstruasi untuk mengatasi nyeri haid.
  • Teh Hijau
    Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi. Teh hijau bisa menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh serta meredakan rasa nyeri pada perut. Konsumsilah teh hijau secara rutin pada masa mestruasi untuk membantu kondisi tubuh yang lebih baik dan sehat.
  • Pisang
    Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pisang mengandung potasium dan vitamin yang mampu meningkatkan mood serta pergerakan otot. Sehingga buah pisang juga bisa membantu untuk meredakan rasa nyeri pada perut. Komsumsi pisang atau campurkan dengan makanan lain sangat disarankan pada saat sedang mengalami haid.
  • Kacang-Kacangan
    Kenari adalah salah satu kacang-kacangan yang kaya akan kandungan omega-3 serta mempunyai sifat anti inflamasi. Selain itu, kenari juga mengandung magnesium dan vitamin B6 yang mampu mengurangi kram perut serta nyeri haid. Konsumi kacang kenari dapat menjadi salah satu solusi yang baik untuk mengatasi nyeri haid yang mengganggu.
  • Nanas
    konsumsi buah nanas bisa membantu merilekskan otot sehingga nyeri perut bisa berkurang. Buah nanas juga bisa memperbaiki mood seseorang sehingga akan lebih bahagia. Anda bisa memilih buah nanas sebagai cemilan atau dicampurkan dengan makanan lain pada saat menstruasi untuk mencegah dan mengartasi nyeri haid.

Baca Juga : Walatra Bersih Wanita Kapsul

Itulah 10 makanan pereda nyeri haid yang bisa Anda coba pada saat mengalami rasa sakit saat menstruasi datang. Sebaiknya Anda juga harus mengimbangi dengan olahraga secara rutin serta cukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih cukup. Karena cairan sangat penting ketika tubuh dalam keadaan kurang baik karena sedang mengalami menstruasi. Semoga bermanfaat.

Sponsor BY
Sponsor BY walatra bersih wanita kapsul

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Babar berkata:

    Thanks Irfan Arifin hope your’s is as well!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *