10 Makanan yang Sehat Untuk Penderita Mata Minus

Mata Minus (miopia) atau yang biasa dikenal sebagai rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat benda atau objek dengan jarak yang jauh. Penglihatan akan kabur atau sulit fokus ketika melihat benda dengan jarak yang jauh, biasanya untuk membantu penglihatan penderita rabun jauh sering memakai kacamata minus atau menggunakan lensa kontak (soft lens).

Umumnya penderita rabun jauh akan merasakan gejala seperti penglihatan kabur pada saat melihat jarak jauh, penglihatan memburuk terutama pada saat malam hari, pusing dan sakit kepala. Mata minus dapat terjadi karena bebera sebab diantaranya diebabkan oleh faktor keturunan, gaya hidup (kebiasaan), lingkungan dan pola makan yang buruk. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata sangat penting untuk mengatasi mata minus.

Baca Juga : Obat Mata Minus Ampuh Tanpa Efek Samping

Makanan yang Sehat Untuk Penderita Mata Minus

10 Makanan yang Sehat Untuk Penderita Mata Minus

Ada banyak jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi oleh penderita miopia, berbagai buah dan sayuran yang dijumpai sehari-hari juga salah satunya baik untuk kesehatan mata. Berikut ini 10 makanan yang sehat untuk mata, diantaranya simak ulasannya dibawah ini:

1. Wortel
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang dapat membantu fungsi retina serta bagian-bagian mata lainnya. Sayuran satu ini sudah banyak dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin untuk mengurangi masalah mata minus.

2. Buah Bit
Mirip seperti wortel, buah bit kaya akan kandungan antioksidan serta zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah bit bisa Anda konsumsi untuk mengatasi mata minus, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di jus, di sayur, puding, dll.

3. Kacang Almond
Almond termasuk jenis kacang-kacangan yang mempunyai khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin E.

4. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin serta berbagai macam vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma dan mata minus.

5. Brokoli
Seperti halnya bayam, brokoli juga merupakan sayuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas.

Baca Juga : 14 Cara Kurangi Mata Minus Dengan LatihanSederhana

6. Tomat
Tomat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tomat mengandung berbagai kandungan gizi antara lain vitamin A, C dan likopen yang berfungsi membantu menjaga kesehatan mata.

7. Bawang Putih
Bawang putih umumnya digunakan sebagai bumbu untuk memasak. Namun, selain itu, bawang putih ternyata mempunyai manfaat untuk mata karena mengandung vitamin B1, C, glutathione, selenium dan quercetin yang mampu melindungi mata dari efek buruk sinar UV.

8. Anggur
Buah anggur adalah salah satu jenis buah yang sehat untuk mata. Kandungan dalam buah anggur berberan untuk mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

9. Biji Bunga Matahari
Siapa sangka ternyata biji bunga matahari mempunyai khasiat untuk kesehatan mata. Biji bunga matahari mengandung banyak vitamin E dan Zinc. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kuaci atau minyak dan suplemennya.

10. Blueberry
Jenis berry-berryan seperti acaiberry dan blueberry mempunyai manfaat yang baik untuk mata. Blueberry mengandung kandungan gizi yang cukup lengkap seperti Vutamin A, B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, antioksidan, antosianin, tanin, flavonol, karbohidrat, lemak dan mineral lengkap. Sehingga blueberry sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama mata.

Baca Juga : Cara Mencegah Mata Minus Dengan Tepat

Selain 10 makanan diatas, masih banyak makanan yang baik untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi salah satu jenis makanan diatas untuk membantu mengatasi masalah mata minus Anda. Semoga bermanfaat.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *