10 Manfaat Green Tea Untuk Kesehatan

10 Manfaat Green Tea Untuk Kesehatan – Green tea atau teh hijau sudah sangat dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Budaya minum teh sudah menjadi kebiasaan masyarakat indonesia saat pagi hari maupun saat kumpul dengan keluarga. Ada berbagai jenis teh yang sering dikonsumsi masyarakat, salah satunya yaitu teh hijau atau green tea. Sudah populer sejak lamai di Jepang, green tea kini mulai banyak peminatnya di indonesia. Alasannya adalah segudang manfaat yang terkandung dalam teh hijau sangat baik untuk kesehatan karena merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi.

Green Tea berasal dari tanaman Camellia sinensis yang kemudian diproses khusus agar daun teh tidak teroksidadi. Mempunyai berbagai kandungan diantaranya polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, L-teanin, katekin, kafein, serta memiliki kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Teh hijau juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, natrium, flor, seng dan mangan. Berbagai kandungan tersebut tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata Softgel

10 Manfaat Green Tea Untuk Kesehatan

Manfaat Green Tea Untuk Kesehatan

1. Melawan Radikal Bebas

Semua jenis teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tidak terkecuali teh hijau. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit terutama penyakit kanker. Antioksidan berasal dari vitamin dan berbagai kandungan alinnya yang dimiliki teh hijau, tertutama kandungan katekinnya. Mengkonsumsi teh green tea secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

2. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Paparan sinar matahari dan terlalu sering terkena radiasi ulatraviolet (UV) dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Teh hijau telah terbukti mengandung sejumlah besar kandungan antioksidan yang dapat mencegah dan meringankan risiko kanker kulit. Penelitian telah dilakukan bahwa mengkonsumsi ekstrak teh hijau secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Selain itu, teh hijau juga mambantu menjaga kesehatan dan kecerahan kulit serta sebagai anti penuaan dini.

3. Membantu Proses Pembakaran Lemak

Teh hijau sangat cocok dikonsumsi jika Anda sedang menjalankan program diet sehat. Mengkonsumsi teh hijau saat keadaan perut kosong sangat aman selagi tidak berlebihan. Hal tersebut dapat menyebabkan proses pembakaran lemak lebih efektif. Kandungan teh hijau dapat meningkatkan sistem metabolesme tubuh secara alami, sehingga pembakan kalori dan lemak bisa berjalan dengan efektif.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain bagus untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, mengkonsumsi teh hijau secara rutin juga mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Sehingga dapat terhindar darai berbagai penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga : 10 Manfaat Acai Berry Untuk Kesehatan

5. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Kadar gula darah yang tinggi menjadi pemicu terjadinya penyakit diabetes melitus. Untuk mencegah hal tersebut Anda dapat mengkonsumsi green tea secara rutin. Kandungan alami dalam green tea bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah serta manjaga agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

6. Mengurangi Tingkat Stress

Teh hijau mengandung theanin yang memberikan efek menenangkan saat dikonsumsi sehingga dapat meredakan tingkat stress Anda. Selain untuk mengurangi tingkat stress Anda, teh hijau juga dapat meningkatkan kulaitas tidur Anda sehingga tidur lebih pulas dan terhindar dari Insomnia. Serta dengan rutin mengkonsumsi green tea akan lebih meningkatkan konsentrasi Anda, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam beraktifitas sehari-hari.

7. Membantu Kerja Syaraf

Syraf merupakan bagian penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menggerakan seluruh bagian tubuh. Ketika kinerja syaraf terganggu bahkan sampai tidak berfungsi dapat menyebabkan seseorang mengalami kelumpuhan. Untuk mencegah kerusakan syaraf dan membantu kerja syaraf tetap normal Anda bisa rutin mengkonsumsi teh hijau. Kandungan kalium dalam teh hijau dapat membantu untuk meningkatkan kinerja syaraf.

8. Memelihara Kesehatan Mata

Meskipun green tea tidak memiliki kandungan vitamin A, namun green tea mempunyai kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, antioksidan juga dapat memberikan perlindungan pada mata dari gangguan penglihatan yang sering terjadi. Sehingga mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat membuat mata semakin sehat.

Baca Juga : Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Teh hijau mengandung vitamin K yang sangat baik untuk proses pembentukan tulang, sehingga tulang menjadi sehat dan kuat. Mengkonsumsi teh terutama teh hijau akan membuat Anda terhindar dari gangguan penyakit tulang dan sendi seperti osteoporosis, nyeri sendi dan masalah tulang sendi lainnya.

10. Meningkatkan Fungsi Hati

Teh hijau mengandung antioksidan yang juga berfungsi untuk menutralkan racun yang terdapat dalam tubuh, sehingga membantu meringankan kerja organ hati yang membuat fungsi hati lebih optimal. Antioksidan akan menangkal radikal bebas dan zat racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin untuk mengurangi risiko mengidap penyakit pada organ hati seperti hepatitis, sirosis dan penyakit lainnya.

Itulah 10 manfaat green tea untuk kesehatan, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi teh hijau. Budaya minum teh yang sudah lama dilakukan sangatlah baik untuk dilakukan sehingga bagi Anda yang ingin tetap sehat dan bugar konsumsilah teh secara teratur.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *