10 Penyebab Penyakit Maag Yang Sering Terjadi

Penyakit Maag atau sakit maag merupakan penyakit lambung yang sering terjadis dan dialami oleh banyak orang. Penyakit yang menyerang lambung ini disebabkan oleh banyak sebab, salah satunya adalah pola makan yang tidak teratur. Gejala penyakit maag hampir serupa dengan gejala penyakit asam lambung tinggi.

Penyakit maag terjadi karena adanya iritasi atau peradangan pada lambung yang dapat menimbulkan rasa sakit bahkan rasa seperti terbakar diperut. Gejala seperti ini timbul karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak teratur dan lama kelamaan akan menimbulkan iritasi atau peradangan pada lambung.

10 Penyebab Penyakit Maag Yang Paling sering Terjadi

10 Penyebab Penyakit Maag Yang Sering Terjadi

Selain Pola makan yang tidak teratur, ada penyabab lain yang dapat menimbulkan penyakit maag tersebut. Berikut ini 10 penyebab penyakit maag yang sering terjadi:

Baca Juga : 10 Tanaman Herbal Yang Ampuh Atasi Penyakit Maag Kronis

  1. Bakteri Helicobakter Pylori
    Penyabab penyakit maag yang paling utama disebabkan oleh bakteri, tepatnya bakteri helicobakter pylori. Bakteri ini dapat menyebabkan peradangan pada lambung atau iritasi pada lambung. Hal ini yang menyebabkan penyakit maag timbul. Jika hal tersebut tidak segera ditangani dengan tepat dapat menimbulkan penyakit yang lebih kronis, salah satunya kanker lambung.
  2. Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebih
    Rokok dan alkohol sudah bukan rahasia lagi dampaknya terhadap kesehatan, sama halnya kesehatan lambungpun akan terganggu jika sering merokok dan mengkonsumsi alkohol berlebih. Salah satunya penyakit maag dan gangguan lambung lainnya.
  3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Yang Memicu Asam Labung Naik
    Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak dan minuman berkafein dapat memicu naiknya kadar asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan penyakit maag timbul, jadi lebiyh baik hindari makanan dan minuman tersebut.
  4. Pola Makan Tidak Teratur
    Penyebab penyakit maag yang sering terjadi dan cenderung dianggap sepele yaitu pola makan yang tidak teratur. Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan lambung kosong yang seharusnya makanan dicerna oleh lambung. Kekosongan makanan dapat menyebabkan asam lambung mengenai dinding lambung dan mengiritasi lambung sehingga timbul penyakit maag.
  5. Stres, Banyak Pikiran, Emosi Tidak Stabil
    Siapa sangka stres dan benyak pikiran serta emosi yang tidak setabil dapat memicu timbulnya penyakit maag. penyebabnya adalah ketika sedang stres, banyak pikiran atau emosi sedang tidak stabil tubuh akan memproduksi asam lambung yang berlebih. Hal ini lah yang dapat menyebabkan penyakit maag.
  6. Insomnia, Kurang Tidur dan Kelelahan
    Kelelahan yang terjadi karena berbagai aktivitas dapat meningkatkan produksi asam lambung berlebih yang dapat memicu penyakit maag. Asam lambung juga akan meningkat pada malam hari, jadi seseorang yang insomnia atau sulit tidur akan berisiko terkena penyakit maag.
  7. Mengkonsumsi Obat-Obatan Berbahaya
    Obat-Obatan yang berbahaya contohnya narkotika dapat mengancam kesehatan tubuh dan juga kesehatan lambung yang dapat memicu penyakit maag.
  8. Memakai Pakaian Yang Ketat
    Pakaian yang ketat juga dapat menyebabkan penyakit maag. Pakaian ketat dapat menekan perut yang dapat mendorong makanan naik yang memicu penyakit maag.
  9. Makan 2-3 Jam Sebelum Tidur
    Makan 2-3 jam sebelum tidur dapat memicu maag. Hal ini dikarenakan makanan yang masuk ke dalam perut butuh waktu 3-4 jam untuk kemidian dicerna oleh lambung dan enzim-enzim pencernaan. Hal ini lah yang memicu timbulnya penyakit maag jika seseorang makan 2-3 jam sebelum tidur.
  10. Makan Dengan Porsi Yang Banyak
    Terakhir, makan dengan porsi banyak ternyata dapat memicu timbulnya penyakit maag. Makana yang banyak dapat menekan lambung sehingga makanan akan terdorong kembali naik ke kerongkongan dan memicu maag. Sebaiknya makan dengan porsi kecil namun cendering lebih sering, hal ini dapat membuat lambung selalu terisi dan tidak kosong.

Baca Juga : Obat Herbal Maag Yang Paling Ampuh

10 Penyebab maag diatas merupakan penyebab penyakit maag yang seribng terjadi. Kertahuilah penyebab-penyabab dari penyakit maag, supaya Anda dapat menghindarinya dan terbebas dari penyakit maag tersebut. Jaga pola makan dan hidup sehat serta jauhi segala sesuatu yang dapat merusak lambung.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *