10 Tanaman Herbal Yang Ampuh Atasi Penyakit Maag Kronis

Penyakit maag sudah tidak asing lagi dan sering dialami oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang dewasa bisa mengalami penyakit maag ini. Penyakit dapat terjadi karena beberapa sebab, salah satu sebabnya adalah karena pola makan yang tidak teratur baik porsi makanannya atau waktu makan yang tidak teratur. Meski penyakit maag tergolong penyakit umum diderita, namum penyakit maag ini sulit untuk disembuhkan. Butuh kedisiplinan dan kesabaran untuk menyembuhkan penyakit ini.

Pengobatan secara medis umumnya hanya akan meringankan gejala yang timbulnya saja, supaya tidak menyebabkan komplikasi penyakit maag tersebut. Rasa perih dan mual pada lambung atau perut merupakan salah satu gejala gari penyakit maag. Jika penyakit maag sudah parah atau kronis gejala akan semakin parah dan penderita biasanya akan sangat kesakitan jika penyakit maag tersebut sedang kambuh. Untuk Menghindari penyakit maag ini kambuh, Anda harus atur pola makan yang teratur.

10 Tanaman Herbal Untuk Atasi Penyakit Maag Kronis

10 Tanaman Herbal Yang Ampuh Atasi Penyakit Maag Kronis

Untuk Atasi Penyakit maag kambuh biasanya penderita akan mengkonsumsi obat maag yang diresepkan dokter atau membelinya di apotik. Selain obat medis Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal maag yang terbaik untuk menyembuhkan penyakit maag tersebut.

Selain dengan menggunakan obat-obatan, Anda juga bisa atasi dan sembuhkan penyakit maag menggunakan tanaman herbal yang sudah terbukti khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit maag. Selain berkhasiat, tanaman berikut ini mudah didapat serta murah. Berikut 10 Tanaman Herbal Untuk Penyakit Maag:

  1. Daun Jambu Biji
    Mungkin banyak orang hanya tahu manfaat daun jambu biji ini untuk mengatasi diare saja. Namun ternyata daun jambu biji juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit maag. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu siapkan 2-5 lembar daun jambu biji tersebut lalu rebus dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih sampai air hanya tingga satu gelas, saring air rebusannya dan dinginkan, atau bisa diminum saat hangat. Minum ramuan tersebut 3 kali setiap harinya.
  2. Daun dan Biji Pepaya
    Daun pepaya diyakini dapat menyembuhkan penyakit maag. caranya mudah, Anda tingga merebus daunnya dan meminum air hasil rebusan tersebut secara rutin. Selain daunnya, biji pepaya juga bermanfaat untuk mengobati penyakit maag. Caranya, keringkan biji pepaya dengan cara dijemur hingga benar-benar kering. Setelah kering haluskan biji tersebut dengan cara ditumbuk atau dibelender. Seduh bubuk biji pepaya dengan air panas atau hangat seperti menyeduh kopi, minum secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.
  3. Kunyit
    Kunyit berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit maag. Kunyit memang sudah lama dimanfaatkan sebagai obat maag tradisional. Cara membuatnyapun cukup mudah, dengan memarut beberapa kunyit dan peras hasil parutannya kemudian minum air sari kunyitnya. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya manis, minum secara rutin.
  4. Temulawak
    Seperti halnya kunyit, temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag. Pada sebagian orang ramuan temulawak ini dicampurkan dengan ramuan kunyit. Cara membuat ramuan temulawaktun sama seperti membuat ramuan dari kunyit.
  5. Daun Salam
    Daun salam umumnya digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan. Namun daun salam juga berkhasiat menyembuhkan penyakit maag, caranyapun cukup mudah dan murah. Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun salam 2-5 lembar dunpun cukup. Rebus daun salam tersebut dengan 2 gelas air dan tambahkan gula batu asli secukupnya, tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring dan minum saat masih hangat, minum ramuan ini cukup 1 gelas setiap harinya.

Baca Juga : Obat Lambung Bengkak Dari Ramuan Herbal Terbaik

  1. Buah dan Daun Alpukat
    Buah alfukat selain mempunyai rasa yang enak, buah ini juga bermanfaat dalam mengobati penyakit maag. Selain itu juga bermanfaat dalam menurunkan kadar asam lambung. Daun alpukatnya pun bermanfaat untuk maag, caranya rebus 5 lemar daun alpukat dengan 2 gelas air. Tunggi hingga mendidih dan tersisa kuarang lebih 1 gelas. Saring kemudian minum saat masih hangat, minum secara teratur 3 kali sehari.
  2. Kacang Kedelai
    Kacang kedelai memenag sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk penyakit maag kronis. Caranya cukup mudah, haluskan kacang kedelai dengan cara dibelender atau di tumbuk. Seduh kacang kedelai yang sudah halus dan minun saat hangat.
  3. Jahe
    Kandungan yang terdapat dalam jahe yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi dapat secara alami mengobati penyakit pada lambung, terutama penyakit maag dan asam lambung. Cara mengolahnya dengan merebus beberapa buah jahe dengan 3 gelas air kemudian tunggi hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Minum secara rutin.
  4. Lidah Buaya
    Selain bagus untuk merawat rambut, lidah buaya juga bagus untuk mengobati penyakit maag. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya seperti vitamin, mineral, asam amino, enzim, asam lemak esensial, saponin, polisakarida, dll mampu menyehatkan dan meningkatkan fungsi lambung dan usus. Cara memanfaatkannya, kupas 1 lembar lidah buaya ambil gelnya dan tambahkan madu untuk memperbaiki rasanya. Minun secara rutin, untuk ibu hamil tidak disarankan untuk meminum ramuan ini.
  5. Daun Cincau
    Daun cincau mengandung sejumlah senyawa flavonoid yang bersifat anti-radang dan dapat menurunkan kadar asam lambung dan menyehatkan lambung. Cara membuat dengan cara remas satu genggam daun cincau yang sudah dicuci bersih dan tambahkan air masak, kemiduan saring dan tambahkan air kapur sirih supaya cepat mengental. Konsumsi secara rutin dengan menanbahkan dula atau sirup.

Nah, itulah 10 tanaman herbal yang dapat diamnfaatkan untuk mengobati penyakit maag kroins maupun akut. Masih banyak lagi tamanan yang bisa dimanfaatkan, namun diatas hanya tanaman yang sering dimanfaatkan. Konsumsi dengan rutin ramuan di herbal di atas dan jaga pola makan supaya cepat sembuh dari penyakit maag tersebut.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *