14 Cara Kurangi Mata Minus Dengan Latihan Sederhana

Mata minus atau rabun jauh (miopia) merupakan kondisi dimana seseorang kesulitan untuk melihat objek atau benda yang jaraknya jauh. Miopia banyak dilami oleh semua orang tidak hanya orang dewasa saja namun anak-anak juga dapat mengalami mata minus. Penyebab rabun jauh dapat disebabkan oleh beberapa sebab seperti faktor keturunan, kebiasaan buruk contohnya menonton tv atau membaca terlalu dekat, membaca ditempat yang gelap, dll.

Cara paling umum yang dilakukan untuk mengatasi mata minus adalah dengan memakai kaca mata minus ataupu dengan menggunakan soft lens (lensa kontak). Namun jika Anda ingin terhindar dari mata minus dan juga ingin lepas dari penggunaan alat bantu penglihatan, Berikut ini 14 cara kurangi mata minus dengan latihan sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah ketika beraktivitas sehari-sahari.

14 Cara Kurangi Mata Minus Dengan Latihan Sederhana

Dengan melatih penglihatan Anda menggunakan cara berikut, dijamin dapat meningkatkan daya penglihatan secara perlahan dan bisa mengurangi tingkat keparahan mata minus. Cara ini mudah dilakukan serta tidak mengganggu aktifitas Anda, hanya perlu sering melakukannya untuk mendapatkan hasil yang baik. Simak secara lengkap penjelasannya dibawah ini.

1. Latihan fokus penglihatanmu dengan menggunakan telunjuk

Cara yang pertama adalah dengan melakukan latihan fokus penglihatan menggunakan telunjuk. Duduklah dengan posisi yang nyaman, kemudian tempatkan telunjuk sekitar 10 cm didepan hidung. Fokuskan pandanganmu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokusmu ke objek jauh di belakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokusmu ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeserkan kepala. Ulangi cara ini hingga 10 kali, maka ukuran minus Anda akan berkurang dan penglihatan akan meningkat.

2. Menjaga kelenturan Mata dengan melakukan seman mata

Goyangkan bola mata dari kanan ke kiri, setelah itu berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berguna untuk membantu membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Menggeser penglihatan atau mengganti pandangan untuk mengurangi ketegangan mata

Kurangi ketegangan otot mata dengan sesekali mengalihkan pandangan atau fokus penglihatan Anda ke benda lain. Terlalu lama menatap satu objek tertentu dapat menyebabkan otot mata menjadi tegang dan kaku.

4. Sesekali mata butuh berjemur di pagi hari

Berjemur di pagi hari dapat memanjakan mata, lakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Lakukan di pagi hari supaya asupan vitamin D tercukupi.

5. Setiap hari ganti fokus untuk melihat warna yang berbeda

Sebisa mungkin untuk fokus melihat warna yang berbeda setiap harinya. Hal ini sangat bagus untuk melatih fokus mata Anda ke dalam warna tertentu.

Baca Juga : Obat Herbal Mata Minus yang Ampuh dan Aman dengan Nano Teknologi

6. Kompres mata untuk menghilangkan debu-debu dan bakteri

Bersihkan mata dari debu-debu dan bakteri yang masuk dengan cara mengopres mata atau membilas mata menggunakan air hangat. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata supaya terhindar dari kuman dan bakteri. Mengopres mata ampuh untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata.

7. Jangan sering menggunakan kaca mata atau softlens jika tidak diperlukan

Otot mata akan menjadi kaku ketika Anda menggunakan kacamata, karena mata akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Anda akan terbiasa mengguanakan leher untuk melihat sekeliling daripada menggeserkan bola mata.

8. Rilekskan dan segarkan mata dengan melihat pemandangan hijau

Sesekali lihatlah pemandangan hijau seperti pegunungan atau pepohonan untuk merilekskan dan menyegarkan mata. Objek berwarna hijau diyakini bisa memberikan ketenangan dan dampak positif untuk mata. Selain itu kegiatan ini juga dapat merilekskan pikiran supaya tetap jernih.

9. Latih mata dengan memperhatikan benda-benda bergerak

Mengurangi mata minus dapat Anda dengan melihat kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya selama beberapa menit. Memang pada awalnya agak memusingkan, tapi cara ini ampuh untuk melatih otot mata.

10. Terapi lilin untuk mensterilkan mata dari kotoran

Caranya cukupu mudah, Anda hanya perlu menyelakan lilin kemudian tataplah cahaya lilin tersebut sampai Anda mengeluarkan air mata. Usahakan tidak banyak berkedip agar semakin banyak air mata yang dikeluarkan. Lakukan terapi ini selama 4 kali dalam seminggu.

Baca Juga : Walatra Sehat Mata Softgel

11. Istirahatkan mata 15 menit sekali dengan teknik eye palming

Teknik ini dinilai ampuh untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya rileks. Caranya dengan mengosok-gosokan telapak tangan sampai hangat, kemudian tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Anda bisa lakukan cara ini kapanpun saat mata Anda merasa penat.

12. Pijat titik-titik sekirat mata supaya rileks setiap bangun pagi

Setiap Anda bangun pagi lakukan pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata yang lelah.

13. Terapi daun sirih untuk menghilangkan jamur pada mata

Daun sirih memiliki banyak khasiat seperti mengurangi iritasi, membuang kotoran dan mematikan kuman serta jamur pada mata. Caranya cukup mudah, ambil dua lembar daun sirih, cuci sampai bersih kemudian tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur. Pagi harinya, lepas daun sirih (mungkin sudah terlepas dengan sendirinya) dan cuci bersih wajah Anda.

14. Penuhi asupan Vitamin A supaya penglihatan tetap terjaga

Jaga pola makan Anda dan penuhi asupan nutrisi untuk mata. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung vitamin A, betakaroten, omega-3, luthein, lycopene, dan zinc. Kandungan zat tersebut sangat diperlukan oleh mata. Beberapa makanan yang sehat untuk mata seperti wortel, alpukat, bayam, telur, tiram, dan ikan salmon.

Itulah 14 cara sederhana melatih mata untuk mengurangi tingkat minus mata Anda. Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah dalam aktivitas sehari-sahari. Lakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *