5 Makanan Sehat Penangkal Penyakit Bronkiits Akut dan Kronis

Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan, lebih tepatnya menyerang pada bronkus yang berpungsi sebagai pembuat lendir atau mukosa yang berguna untuk menyaring udara yang dihirup dari debu dan partikel lain sebelum masuk ke paru-paru. Namun fungsi tersebut akan terganggu jika bronkus mengalami iritasi atau peradangan karena virus penyabab brankitis. Lendir atau mukasa yang diproduksi akan berlebihan.

Beberapa gejala dari penyakit bronkitis diantaranya batuk berdahak, batuk sebagai reaksi tubuh untuk mengeluarkan lendir yang berlebihan, demam, sakit tenggorokan, sesak napas, kelelahan, rasa nyeri di dada, dan hidung tersumbat. Gejala tersebut biasanya timbul pada penyakit bronkitis akut, gejala pada penyakit bronkitis kronis akan timbul lebih parah lagi. Untuk itu, jika Anda mengalami gejala tersebut segera obati atau periksakan kedokter supaya dapat penanganan yang tepat.

5 Makanan Sehat Pencegah Penaykit bronkitis Akut dan kronis

5 Makanan Sehat Penangkal Penyakit Bronkiits Akut dan Kronis

Penyakit bronkitis akut biasanya akan sembuh dalam waktu 2 sampai 3 minggu, sedangkan penyakit bronkitis kronis lebih lama lagi bahakan bisa sampai 3 bulan. Untuk mencegah penyakit bronkitis atau mempercepat penyembuhan Anda bisa mengkonsumsi 5 makanan seghat berikut ini yang mencegah dan mengobati penyakit bronkitis. Diantaranya:

  • Bawang Putih
    Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami, antibiotik tersebut dapat berguna dalam melawan dan membunuh sel-sel viral dan bakteri yang menyerang tubuh penderita penyakit bronkitis. bawang putih dapat mempercepat proses pemulihan bronkitis, selain itu, bawang putih mengandung zat quercetin yang mampu memperlambat produksi lipoxygenase dalam tubuh. Lipoxygenase biasanya menyababkan terjadinya inflamasi pada jaringan paru-paru.
  • Madu
    Madu memang mempunyai segudang manfaat utuk kesehatan tubuh serta penyembuhan penyakit, salah satunya untuk mencegah dan mengobati penyakit bronkitis. Kandungan antibakteri dan antiviral yang terkandung dalam madu bermanfaat untuk melawan penyakit bronkitis. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit. Jadi madu sangat cocok untuk penderita bronkitis dan juga untuk pencegahan bronkitis.

Baca Juga :

  • Makanan Yang mengandung Vitamin C dan D Tinggi
    Vitamin C sangat membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit, salah satunya penyakit bronkitis. Kandungan antioksidan serta anti inflamasi yang ada pada vitamin C dapat berfungsi untuk membersihkan lendir dan meredakan peradangan pada paru-paru. Sedangkan vitamin D berperan sebagai penghalau penyakit tersebut, penyabab sesorang terkena bronkitis salah satunya karena kekurangan vitamin D. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami bronkitis perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin D.
  • Jamur
    Jamur dapat mencegah rusaknya jaringan pada paru-paru dan mencegah terjadinya bronkitis serta meningkatkan kekebalan tubuh. Ada beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh penderita bronkitis diantaranya, maikate, reishi dan shiitake. Kandungan senyawa letian lah yang tergolong sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan jaringan akibat radikal bebas dan peningkat daya tahan tubuh.
  • Ikan
    Kandungan omega-3 dalam ikan bermanfaat untuk melawan penyakit bronkitis. Perbanyak konsumsi ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi guna melawan penyakit brokitis dan untuk menyehatkan paru-paru. Selain omega-3 yang terkandung dalam ikan, minyak ikan juga bermanfaat dalam menangkal penyakit bronkitis. Konsumilah secara rutin ikan dan minyak ikan untuk mempercepat penyembuhan.

Baca Juga : Obat Bronkitis Kronis dan Akut Cordyceps Plus Capsule

Itulah 5 makanan yang mampu cegah dan obati penyakit bronkitis. Meskipun penyakit ini dapat sembuh tanpa mengkonsumsi obat-obatan, namun Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan menggkonsumsi makanan diatas. Konsumsilah secara rutin untuk mencegah dan mengobati penyakit bronkitis. Sekian penjelasan mengenai makan pencegah bronkitis, Semoga bermanfaat.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *