5 Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis merupakan penyakit menular yang menyerang saluran pernapasan yang lebih tepatnya menyerang pada bronkus. Penyakit ini disebabkan oleh iritasi atau peradangan pada bronkus yang disebabkan oleh virus. Gejala dari penyakit ini biasanya seperti batuk berdahak, dan sesak napas. Gejala tersebut muncul karena saluran udara yang terdapat pada bronkus menuju paru-paru tersumbat atau menyempit karena adanya lendir atau mukosa yang berlebihan akibat dari teriritasi virus.

Penyakit bronkitis memang tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan ditakutkan akan terjadi komplikasi. Komplikasi yang paling sering terjadi adalah penyakit pneumonia atau lebih dikenal dengan nama penyakit paru-paru basah. Komplikasi dapat terjadi jika infeksi virus menyebar lebih luas kedalam paru-paru. Hal ini tentunya menjadi sangat berbahaya dan sulit untuk diobati dan disembuhkan. Maka dari itu, Penting untuk melakukan pencegahan penyakit bronkitis pada anak dan dewasa.

Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Bronkitis Akut Mupun Kronis

5 Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Penyakit Bronkitis

Pencegahan penyakit bronkitis dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan menghindari penyebabnya. Contohnya menghindari makanan yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit bronkitis. Sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan tersebut, untuk dapat menghindarinya Anda perlu tahu 5 makanan yang perlu dihindari penderita bronkitis. Diantaranya:

  1. Hindari Makanan Asin
    Makanan yang asin biasanya mengandung garam atau sodium sayang relatif tinggi, hal ini tidak baik untuk saluran pernapasan serta dapat mengganggu peredaran dalam tunbuh dan dapat meningkatkan tekanan darah. Kandungan garam yang tinggi dalam makanan juga dapat menyebabkan peningkatan cairan yang ada pada bronkus sehingga dapat memperparah inflamasi atau peradangan. Dan juga mukosa atau lendir akan menjadi kental dan sulit dikeluarkan.
  2.  Hindari Makanan Berminyak
    Makanan yang berminyak akan memperparah kondisi penderita bronkitis, sebaiknya jika Anda sedang menderita bronkitis lebih baik hindari makanan yang berminyak. Makanan yang berminyak dan mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan jumlah lendir sehingga kondisi ini tidak bagus untuk penderita bronkitis. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus.
  3. Hindari Makanan Manis Atau Mengandung Gula Tinggi
    Sebaiknya hindari atau kurangi makanan yang manis dan mengandung gula yang tinggi jika sedang menderita bronkitis. Sebab, makanan yang mengandung gula tidak mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesembuhan bronkitis. Justru makanan manis dapat menaikan berat badan dan menurunkan kekebalan tubuh yang dapat membuat penderita sulit untuk bernapas.

    Baca Juga : Obat Bronkitis Untuk Anak dan Dewasa

  4. Hidari Mengkonsumsi Produk Susu
    Meskipun susu mengandung protein dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tubuh, namun susu ternyata kurang baik dikonsumsi oleh penderita bronkitis. Sebab sesu mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan peningkatan produksi mukosa atau lendir, hal ini tentu tidak baik karena lendir yang berlebihan akan mengganggu saluran pernapasan yang dapat menyebabkan sesak napas atau sulit bernapas. Jadi sebaiknya hidari mengkonsumsi makanan yang terbuat dari susu seperti keju, ice cream, dll. Jika Anda masih ingin mengkonsumsi susu, Anda dapat mengkonsumsi susu rendah lemak seperti yougurt.
  5. Hindari Mengkonsumsi Alkohol
    Mengkonsumsi alkohol jelas tidak baik untuk kesehatan apalagi jika mengkonsumsinya secara berlebihan dan sering. Alkohol dapat membuat seseorang yang emngkonsumsinya mabuk, kecanduan dan yang paling parah menyebabkan overdosis. Selain itu, alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. dehidrasi dapat berdampak buruk bagi kondisi penderita bronkitis, sebab lendir akan semakin kental sehingga sulit untuk dileuarkan. Maka dari itu hindarilah mengkonsumsi alkohol baik sedang sehat maupun sedang menderita penyakit, karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga :

Itulah 5 makanan yang wajib dihindari penderita bronkitis. Hindarilah makanan tersebut guna mencegah kondisi penyakit yang lebih buruk atau terjadinya komplikasi penyakit bronkitis. Konsumsilah makanan sehat yang dapat mencegah penyakit bronkitis. Jika Anda tengah mengidap penyakit bronkitis, segeralah periksakan kedokter supaya penyakit segera bisa teratasi. Sekian penjelasan mengenai pantangan makanan bronkitis, semoga bermanfaat.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *