6 Makanan Pantangan Saat Nyeri Haid

6 makanan pantangan saat nyeri haid – Menstruasi adalah suatu siklus alami yang dialami wanita akibat dari keluarnya sel telur yang gagal dibuahi. Menstruasi umumnya tejadi pertama kali pada usia remaja yang dikenal sebagai “menstruasi pertama”. Wanita akan mengalami beberapa gejala saat mengalami menstruasi seperti mengalami rasa sakit pada bagian punggung, pinggang dan panggul. Mengalami perubahan mood dan emosi, mengalami PMS, serta nyeri perut.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai makanan pantangan untuk wanita yang mengalami nyeri haid pada saat sedang menstruasi. Nyeri haid atau disminorea adalah suatu kondisi dimana adanya rasa sakit akibat kontraksi otot pada rahim yang menekan pembuluh darah sehingga memicu munculnya rasa nyeri pada bagian bawah perut. Umumnya wanita akan mengalami nyeri haid dan rasa tidak nyaman saat sedang masa menstruasi dan tingkat rasa nyeri dapat berbeda pada setiap orangnya.

6 Makanan Pantangan Saat Nyeri Haid

6 Makanan Pantangan Saat Nyeri Haid

Pada saat mengalami mesntruasi para wanita harus menjaga kondisi kesehatannya tetap setabil, karena pada saat tersebut wanita rentan mengalami gangguan kesehatan. Terlebih jika mengalami nyeri haid yang tidak tertahankan dan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, wanita perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya pada saat masa menstruasi. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai 10 Makanan Pereda Nyeri Haid, kali ini kita akan membahas tentang 6 Makanan Pantangan Saat Nyeri Haid.

1. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein
Minuman dan makanan yang mengadung kafein sangat disarankan untuk dihindari untuk Anda yang mengalami nyeri haid pada saat menstruasi. Alasannya karena kafein dapat mengganggu siklus aliran darah, sehingga dapat menyebabkan terjadinya abnormalitas pendarahan pada saat menstruasi.

2. Makanan yang Mengandung Minyak
Makanan yang terlalu banyak mengandung minyak seperti gorengan sangat tidak baik untuk dikonsumsi, terlebih jika sedang menstruasi. Meskipun enak untuk dimakan dan dijadikan cemilan, makanan berminyak mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Sehingga dapat berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Ketika jumlah lemak dan kolesterol meningkat dapat menyebabkan tidak lancarnya peredaran darah yang dapat berpengaruh pada haid.

3. Makanan yang Mengandung Gula Cukup Tinggi
Makanan yang manis atau terlalu banyak mengandung gula sangatlah tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat menstruasi. Hal tersebut karena gula dapat memberikan kalori yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan gangguan menstruasi seperti nyeri haid. Sebaiknya hindari makanan manis atau kurangi makanan yang mengandung gula tinggi pada saat menstruasi.

Baca Juga : Obat Menstruasi Tidak Teratur

4. Makanan Cepat Saji (Junk Food)
Junk food atau makanan cepat saji memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, terlebih jika sedang mesa menstruasi. Kandungan yang terdapat dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, makanan cepat saji dapat menyebabkan terganggunya proses dan siklus haid Anda. Demi kelancaran siklus menstruasi dan kesehatan Anda sebaiknya kurangi mengkonsumsi junk food.

5. Makanan Olahan
Selain makanan cepat saji, makanan olahan seperti bakso, mie, nugget, dll sebaiknya Anda hindari pada saat menagalami mesntruasi. Karena makanan tersebut dapat mengganggu kelancaran siklus dan proses menstruasi Anda.

6. Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi
Daging merah adalah salah satu sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan serta kelancaran menstruasi. Tetapi daging merang mengandung lemak yang cukup tinggi, sehingga tidak dapat mengganggu proses haid Anda. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan yang terbuat dari daging merah atau konsumsilah daging yang rendah kandungan lemaknya sehingga tidak mempengaruhi haid Anda.

Itulah pembahasan singkat mengenai 6 makanan pantangan saat nyeri haid. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda serta menambah wawasa Anda tenang pentingnya menjaga kesegatan saat sedang mengalami menstruasi.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *