Bahaya Akibat Gejala Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah merupakan keluhan yang sering dialami oleh banyak orang terutama mereka yang mempunyai riwayat tekanan darah rendah. Gejala ini sering membuat penderitanya mengalami cepat lelah, lesu, kurang bergairah, penglihatan kabur atau mata berkunang-kunang. Tekanan darah dikatakan rendah jika tekanan darah kurang dari 90/60 mmhg. Anda akan merasa pusing bahkan pingsan jika tekanan darah Anda berada dibawah normal.

Meskipun tekanan darah Anda rendah, sebenarnya sirkulasi darah tetap lancar. Apabila tekanan darah tidak mempengaruhi kesehatan Anda maka tidak menjadi masalah. Tetapi jika berakibat serius terhadap kesehatan dan mengganggu aktifitas sebaiknya istirahatkan atau bisa berkonsultasi ke dokter. Banyak cara untuk mengatasi tekanan darah rendah tersebut tetapi bila tidak begitu parah akan pulih dengan istirahat atau menghentikan aktivitas sebentar.

Bahaya Dari Tekanan Darah Rendah

1. Pusing
Bahaya yang sering terjadi ketika tekanan darah rendah adalah pusing atau sakit kepala. susing terjadi karena pasokan dan juga asaupan darah serta oksigen yang menuju ke otak berkurang atau sedikit dan menurun drastis, sehingga otak menjadi sulit bekerja. Akibatnya ialah sering menyebabkan pusing dan juga sakit kepala.

2. Penglihatan kabur
Darah rendah bisa berakibat pada penglihatan menjadi kabur atau buram. sesorang akan kesulitan melihat ke depan jika tekanan darahnya sedang rendah. Hal ini terjadi karena pasokan darah dan oksigen ke mata dan otak berkurang sehingga penglihatan akan terganggu.

Baca Juga : Obat Herbal Darah Rendah Atau Hipotensi Terbaik

3. Jantung berdebar
Bayaha selanjutnya yang terjadi karena tekanan darah rendah adalah dapat mengakibatkan jantung berdebar. Tekanan darah yang rendah akan memaksa jantung untuk bekerja lebih cepat dan juga lebih kuat dari biasanya, sehingga efek yang akan dirasakan adalah cepat lelah dan jantung berdebar-debar atau deg-degan.

4. Napas Menjadi Lebih Cepat
Tekanan darah rendah juga bisa mengakibatkan napas menjadi lebih cepat dan juga tidak teratur. Hal ini disebabkan karena kondisi jantung yang mengalami detah yang lebih cepat, sehingga akan membuat tubuh merespon dengan membuat napas menjadi lebih cepat dan tidak beraturan.

5. Keringat Dingin
Selain jantung berdebar dan napas menjadi cepat dan tidak beraturan, darah rendah juga mengakibatkan munculnya keringat dingin dalam jumlah banyak. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh kondisi detak jantung yang menjadi lebih kencang dan cepat serta berdebar-debar. Detak jantung yang lebih cepat dapt memicu munculnya atau keluarnya keringat dingin yang cenderung berlebihan jika tekanan darah sedang rendah.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

6. Menurunnya Konsentrasi dan Fokus
Menurunnya konsentrasi dan fokus bisa terjadi ketika tekanan darah sedang rendah. Hal ini disebabkan oleh kondisi otak yang tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup karena tekanan darah yang rendah. Dengan menurunnya pasokan darah dan oksigen ke otak, maka hal ini dapat mengakibatkan konsentrasi dan fokus penderita akan menurun.

7. Mudah Merasa Lelah dan Lemas
Darah rendah akan mengakibatkan penderitanya mudah merasa lelah dan lemas. Kondisi suplay darah dan oksigen yang kurang atau tidak optimal ke seluruh tubuh menjadi penyebab utama dari mudahnya merasa lelah dan lemas pada penderita darah rendah.

8. Sirkulasi Darah Tidak Optimal
Sirkulasi darah yang tidak optimal yang disebabkan tekanan darah yang rendah akan mengakibatkan beberapa gejala darah rendah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sirkulasi darah yang tidak optimal juga akan berdampak pada menurunya daya tahan tubuh dan juga imunitas, sehingga mudah terserang berbagai jenis penyakit ringan maupun kronis.

Baca Juga : Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

9. Fungsi Organ Tubuh Kurang Optimal
Bahaya akibat tekanan darah rendah juga dapat menyebabkan munculnya gangguan pada organ-organ tubuh. Semua oragn tubuh tersebut membutuhkan suplay darah dan oksigen yang optimal, sehingga apabila tekanan darah rendah, maka pasti fungsi dari organ tubuh tersebut menjadi berkurang dan tidak optimal.

10. Berpotensi Menyebabkan Gangguan Pada Organ Tubuh Lain
Bahaya selanjutnya yang disebabkan oleh tekanan darah rendah adalah dapat mengakibatkan munculnya gangguan pada oragan-organ tubuh yang lain, seperti ginjal, hati, paru-paru dan otak. Dalam jangka panjang darah rendah dapat mengakibatkan terjadinya kegagalan fungsi organ tubuh yang dapat menyababkan gagal ginjal, jantung dan berbagai organ vital lainnya. Bahkan bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Untuk mengantisipasi bahaya dari tekanan darah rendah diperluka pola makan dan gaya hidup yang sehat, sring berolahraga menjauhkan diri dari makan rokok atau alkohol serta istirahat yang cukup. Apabila gejala tekanan darah rendah sudah pahar dan menimbulkan berbagai penyakit sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan dan tepat. Sekian artikel mengenai bahaya akibat gejala tekanan darah rendah, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *