Cara Mencegah Mata Minus Dengan Tepat

Mata minus (miopia) adalah suatu kondisi dimanaterjadi kelainan pada mata yang terjadi karena retina mata tidak bisa menangkap cahaya dengan fokus, sehingga penderitanya akan kesulitan melihat objek jarak jauh dengan fokus. Mata minus banyak terjadi pada anak-anak, remaja usia sekolah, orang dewasa, dan juga orang tua. Hampir semua penderita mata minus atau rabun jauh memakai kacamata sebagai perawatan serta sebagai alat bantu untuk membantu lensa mata bisa fokus melihat objek dengan jarak yang jauh.

Miopia dapat dikenali dengan beberapa ditanda yang biasanya muncul seperti pandangan menjadi kabur ketika melihat objek dengan jarak jauh, kepala sering pusing, mual, munah dan berbagai rasa tidak nyaman pada mata. Untuk bisa memastikan kondisi mata Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan secara medis ke dokter spesialis mata. Namun jika Anda tidak ingin mengalami mata minus, Anda bisa mencegahnya dengan beberapa cara-cara sederhana.

Cara Mencegah Mata Minus Dengan Tepat

Cara Mencegah Mata Minus Dengan Tepat

Apakah mata minus (miopia) dapat dicegah?. Tentu saja mata minus bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Sebelum membahas tentang cara mencegahnya. Tahukah Anda bahwa penyebab mata minus dapat terjadi karena beberapa faktor seperti, faktor lingkungan, keturunan, gaya hidup (kebiasaan buruk), pola makan, dll. Sehingga pencegahan mata minus bisa dilakukan dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah mata minus, berikut penjelasannya.

Mencegah Mata Minus dengan Memperbaiki Kebiasaan dan Lingkungan

  • Hindari kebiasaan membaca dan melihat televisi dari jarak yang bisa menyebabkan kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata minus seperti, membaca terlalu dekat, membaca ditempat yang gelap, menonton televisi terlalu dekat, dll.
  • Biasakan menulis dengan jarak yang tidak terlalu dekat supaya pandangan mata tetap normal.
  • Istirahatkan mata dengan tidak melihat semua benda dengan layar tajam seperti komputer, laptop, dan gadget. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak jauh untuk melatih otot mata tetap normal.
  • Biasakan untuk membaca atau melakukan pekerjaan dengan pencahayaan yang cukup, hindari kebiasaan membaca sambil tiduran. Sehingga mata menjadi lebih nyaman.
  • Biarkan anak-anak bermain diluar rumah supaya tidak terlalu sering melihat benda dengan layar seperti komputer dan televisi.
  • Melalukan latihan mata sederhana seperti melihat objek dengan jarak jauh.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti merokok serta minum minuman keras serta obat-obatan terlarang. Karena kebiasaan buruk tersebut dapat mengganggu kesehatan serta menyebabkan kerusakan pada mata.

Baca Juga : Obat Herbal Mata Minus

Mencegah Mata Minus dengan Makanan

Mata juga memerlukan nutrisi supaya tetap terawat dan terjaga dari kerusakan. Mata membutuhkan berbagai nutrisi seperti Vitamin, omega-3, kalsium, silica, selenium, magnesium, mangan, bioflavonoid, dll. Semua nutrisi yang diperlukan mata dapat Anda temukan pada beberapa makanan berikut ini:

  • Ikan, merupakan sumber omega-3 yang tinggi.
  • Sayuran hijau, mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah katarak.
  • Telur, sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Gandum, sumber vitamin E, seng dan niasin yang sangat dibutuhkan oleh mata.
  • Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, anggur, stroberi dan markisa.
  • Kacang-kacangan, merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang berfungsi mencegah mata minus.
  • Daging sapi, mengkonsumsi daging tanpa lemak baik untuk kesehatan mata karena mengandung seng yang berfungsi membantu mempercepat penyerapan vitamin A yang baik untuk mata.

Baca Juga : Operasi Lasik Untuk Mengatasi Mata Minus

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit mata minus. Pencegahan perlu Anda lakukan supaya bisa terhindar dari mipoia. Anda juga bisa mencegam mata minus dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan mata seperti WALATRA SEHAT MATA SOFTGEL. Produk kesehatan khusus untuk mata yang terbuat dari 100% bahan alami dengan NANO TEKNOLOGI, aman dan efektif.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *