Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Pada Anak dan Dewasa

Sebelum membahas mengenai cara mencegah dan menghindari penyakit bronkitis, Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu penyaklit bronkitis tersebut. Penyakit bronkitis merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan lebih tepatnya pada bronkus yang ada didalam paru-paru. Bronkus berfungsi untuk menahan debu dan partikel lain yang akan masuk ke paru-paru menggunakan lendir atau mukosa yang diproduksinya.

Bronkitis disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang bronkus. Virus yang menyerang biasanya sama dengan virus penyebab flu atau pilek. Ketika bronkus teriritasi atau mengalami peradangan makan produksi lendir atau mukosa akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan saluran pernapasan akan tersumbat yang mengakibatkan sulit bernapas. Tubuh juga akan berusaha mengeluarkan lendir tersebut dengan cara batuk.

Cara Menghindari Penyakit Bronkitis Pada Anak dan Dewasa

Cara mencegah penyakit bronkitis

Penyakit bronkitis terbagi menjadi dua macam, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Gejala atau tanda penyakit bronkitis akut meliputi batuk berdahak, demam, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan umumnya tidak beralangsung lama. Sedangkan gejala dari penyakit bronkitis kronis biasanya terjadi lebih parah lagi dari gejala bronkitis akut dan akan berlangsung lama hingga bulanan.

Pencegahan Penyakit Bronkitis

Maka dari itu, penting sekali untuk mencegah sejak dini penyakit bronkitis supaya bisa terhindari dari penyakit tersebut. Ada cara yang tepat yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit bronkitis pada anak dan dewasa, berikut beberapa caranya:

  • Menggunakan Masker, Masker dapat mencegah masuknya polusi udara seperti debu dan partikel lainnya yang memasuki saluran udara. Orang-orang yang bekerja di pertambangan atau industri logam lebih berisiko terkena penyakit bronkitis. Oleh sebab itu, mereka diwajibkan untuk mengnakan masker saat bekerja. Dakter dan relawan atau perawat juga harus menggunakan masker ketika menangani pasien bronkitis, sebab penyakit bronkitis dapat menular lelalui udara.
  • Batasi aktivitas dengan orang yang terserang bronkitis. Karena penaykit bronkitis dapat menyebar sangat cepat dari satu orang ke orang lain. Maka dari itu hindari berdekatan dengan orang yang sedang flu atau pilek untuk mencegah komplikasi penyakit bronkitis.

Baca Juga : Obat Bronkitis Untuk Anak dan Dewasa

  • Hindari Rokok. Merokok atau menghirup asap rokok merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit bronkitis kronis. Asap rokok yang dihirup atau terhirup saat merokok dapat mengiritasi saluran pernapasan pada bronkus didalam paru-paru yang menyebabkan penyakit bronkitis. Jadi jauhilah asap rokok dan berhentilah merokok sekarang juga.
  • Seperti halnya perokok aktif, perokok pasif juga berisiko terkena penyakit bronkitis. sebab asap rokok dapat mengiritasi saluran pernapasan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah perokok dan asap rokok.
  • Gunakan saputangan saat batuk dan bersin, memcuci tangan sebelum makan dan menggunakan pembersih. Hidari pemakaian barang atau meminjamkan barang pribadi pada orang yang sedang menderita penyakit menular seperti bronkitis.

Artikel Terkait :

  • Konsumsi Makanan Sehat dan bergizi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang berfungsi untuk melindungi dari infeksi yang disebabkan oleh virus penyabab penyakit. Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seperti sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Serta jaga pola makan teratur.
  • Melakukan vaksinasi. Vaksinasi terhadap infeksi virus merupakan tindakan pencegahan yang terbaik untuk mencegah penyakit bronkitis. Vaksinasi meminimaliris risiko tertular penyakit yang menular. Vakisnasi influenza merupakan vakisnasi tahunan yang dapat melindungi tubuh dari virus influenza dan virus penyabab bronkitis.

Itulah tindakan yang dpat dilakukan untuk pencegahan penyakit bronkitis pada anak maupun orang dewasa. Langkah paling penting untuk pencegahan penyakit ini adalah dengan menghindari penyebab dari penyakit tersebut. Jadi sebisa mungkin hindari terpapar asap rokok dan polusi udara serta berhentilah merokok. dan lakukan pencegahan dengan memperkuat daya tahan tubuh melalui makanan dan pola makan yang teratur serta melkukan vaksinasi pencegahan influenza.

Penyakit bronkitis pada dasarnya bukan penyakit yang sangat berbahaya, namun tepat harus diwaspadai dan ditangani dengan tepat guna mencegah komplikasi penyakit yang lebih serius. Periksakan ke dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala yang tidak kunjung reda dalam waktu 2-3 minggu.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *