Ciri-ciri Penyakit Ginjal Bengkak

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang cukup serius dan butuh pengobatan atau penaganan yang tepat. Karena jika ginjal bermasalah maka akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh, karena ginjal berfungsi sebagai penyaring atau filter darah. Sehingga fungsi dari ginjal sangat vital dan penting. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Gaya hidup yang tidak sehat akan membuat fungsi ginjal menurun bahkan akan terkena penyakit yang menyerang ginjal. Beberapa penyakit yang sering menyerang ginjal adalah gagal ginjal atau kegagalan fungsi ginjal yang tidak berfungsi dengan normal, batu ginjal, kanker ginjal, ginjal bocor, ginjal polikistik, ginjal bengkak.

Ciri-Ciri Penyakit Ginjal Bengakak Yang Perlu Diketahui

Ginjal bengkak merupakan kondisi dimana ginjal mengalami pembengkakan disebabkan karena penyumbatan yang terjadi pada ureter sehingga urine dari ginjal yang menuju kandung kemih terhambat dan menumpuk di ginjal yang kemudian menyebabkan pembengkakan pada ginjal. Penyebab ginjal bengkak dapat berbeda-beda, salah satu penyebabnya karena adanya penyakit batu ginjal.

Ciri-Ciri Ginjal Bengkak

Penyakit ginjal bengkak dapat dikenali dengan ciri-cirinya. Penyakit ini umumnya terjadi pada salah satu ginjal, namum bisa saja terjadi pada kedua ginjal. Untuk lebih jelasnya silahkan simak bebera ciri dari penyakit ginjal bengkak, diantaranya:

  • Pembengakakan
    Pembengakakan dapat terjadi pada tangan, wajah, pergelangan kaki ataupun pada kaki. Penyakit ginjal bengakak dapat meningkatkan cairan dalam tubuh (menyebabkan bengkak), Peningkatan kadar asam, mengangkat tingkat kalium, penurunan kadar kalsium, peningkatan kadar fosfat dan anemia. Kesehatan tulang juga akan berpengaruh akibat dari gejala pembengakakan penyakit pada ginjal.
  • Perubahan Saat Buang Air Kecil
    Perubahan saat buang air kecil merupakan ciri-ciri sesorang menderita ginjal bengkak, perubahan jumlah urine yang kurang dari biasanya, kecinginan buang air kecil lebih sering terutama pada malam hari, warna urine berubah, berbusa atau berbuih.
  • Gatal atau Ruam di Kulit
    Ginjal berfungsi menyaring dan membuang kotoran atau limbah dalam darah, ketika ginjal tidak berfungsi, maka limbah dalam darah akan menyebabkan gatal yang parah dan membuat kulit menjadi kering.
  • Kelelahan
    Ginjal yang sehat memproduksi hormon eritropoietin atau EPO (Hormon glikoprotein yang mengontol produksi sel darah merah. Hormon ini dihasilkan oleh ginjal terutama fibroblast peritubular korteks ginjal, mempunyai berat molekul), yang berfungsi memberitau tubuh unruk membuat sel-sel darah merah untuk membawa oksigen. Kekurangan sel darah merah (anemia) atau penumpukan limbah dapat menyebabkan ginjal bengkak.

Baca Juga : Penyebab Ginjal Bengkak Serta Cara Menanganinya

  • Sesak napas
    Penyakit ginjal bengkak yang sudah parah akan mempnyai ciri atau gejala seperti sesak napas. Penderita atau sulit membedakan penyakit asma atau gagal jantung, karena cairan dapat membangun di paru-paru akibat komplikasi penyakit ginjal bengkak.
  • Mual dan Muntah
    Penumpukan limbah dalam darah dan tinggkat keasaman darah yang tinggi dapat menyebabkan mual dan muntah serta Kehilangan nafsu makan, mudah mengantuk dan sulit bernapas.
  • Hilang Nafsu Makan
    Seseorang yang menderita penyakit ginjal bengkak dapat kehilangan nafsu makan. Hilangnya nafsu makan menjadi masalah jika kondisi semakin parah, hal ini disebabkan gejala dari penyakit ginjal yang serius. Nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan tubuh yang bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi. Bila kehilangan nafsu makan berlangsung lama, akan berisiko mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi.
  • Sulit Berkonsentrasi dan Pusing
    Anemia yang berhubungan dengan penyakit ginjal bengkak dapat menyebabkan otak tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Hal ini dapat menyebabkan masalh memori, sulit konsentrasi dan mengakibatkan pusing. Kerusakan sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, perubahan kepribadian atau kejang.

Itulah Ciri-ciri atau gejala dari penyakit ginjal bengakak. Beberapa ciri dari penyakit ini munkin mirip dengan penyakit lain, anda wajib mengatahui ciri dari penyakit ini dan segera periksakan ke dokter bila mengalami gejala atau ciri seperti diatas. Mungkin pengobatan sejak dini akan meningkatkan peluang untuk sembuh. Kini telah hadir obat herbal ginjal bengkak yang aman dan efektif. Ampuh mengobati penyakit ginjal termasuk ginjal bengkak.

obatobatanherbal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *