Faktor Penyebab Flek Paru-Paru

Flek paru-paru adalah penyakit yang menyerang oragan pernapasan manusia yaitu paru-paru. penyakit ini sering terjadi di Indonesia khususnya pada anak-anak atau balita. Ada beberapa penyebab dari penyakit flek paru-paru ini secara umum, dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melalkukan tindakan pencegahan. Berikut merupakan beberapa penyebab penyakit Flek paru-paru:

Fakor Penyebab Penyakit Flek Paru-Paru

1. Kembaban Udara

Kelembaban udara yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab dari penyakit flek paru-paru. Suhu udara yang tidak stabil menyebabkan udara menjadi lembab. Apabila kondisi ini terus terjadi maka dapat mengakibatkan kondisi paru-paru menjadi tidak baik. Kelembaban udara suatu ruangan dapat diketahui melalui alat pengukur kelembaban udara.

Jika kondisi ruangan Anda sudah tidak baik atau terlalu lembab, maka Anda harus membuat vebtilasi udara dan mengganti cat dinding dengan kelembaban yang sempurna.

Udara yang bersih merupakan udara yang banyak mengandung oksigen yang tinggi. Untuk mendapatkan udara yang bersih, Anda dapat tinggal di lingkungan yang banyak pepohonan. Dengan begitu udara akan bersih dan banyak mengandung oksigen. Oksigen merupakan zat yang digunakan manusia untuk tetap hidup, oksigen yang terpenuhi akan membuat tubuh manusia menjadi sehat.

Baca Juga : Gejala-Gejala Flek Paru-Paru Pada Anak-Anak

2. Infeksi Paru-Paru

Infeksi paru-paru juga menjadi salah satu penyebab dari penyakit flek paru-paru. Infeksi pada paru-paru disebabkan oleh bakteri atau virus. Bila tidak segera ditangani, infeksi ini akan terus bertambah dan menjadi penyakit yang cukup serius. Infeksi pada paru-paru bisa ditandai dengan tidak nyamannya saat bernapas, sakit atau nyeri dan sebagainnya.

3. TBC

TBC adalah penyakit yang bisa menjadi serius apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat. TBC adalah penyakit yang dapat menular melalui udara, batuk, dan mulut. Karenanya bagi penderita TBC untuk selalu menjaga dirinya supaya tidak menulari orang lain. TBC disebabkan oleh virus yang kebanyakan menyerang paru-paru. Namun yang perlu Anda tahu bahwa TBC juga bisa menyerang organ lain yang tidak memiliki kekebalan dengan baik.

Pengobatan untuk penyakit TBC sendiri bisa memerlukan waktu 6 bulan supaya benar-benar sembuh. Obat yang diminum juga harus dilakukan setiap hari selama 6 bulan dan tidak boleh terlewat satu hari pun. Karena apabila terlewat satu hari saja, pengobatan harus diulang kembali.

Baca Juga : Obat Herbal Flek Paru-Paru Pada Anak

Flek pada paru-paru merupakan penyakit yang dapat diidentifikasi setelah adanya pemeriksaan secara medis. Karena itu penyakit ini sangat sulit dideteksi tanpa adanya pemeriksaan. Dalam kondisi biasa gejala TBC seperti batuk yang tidak sembuh-sembuh, bahkan bisa berdarah. Gejala lainnya seperti tubuh yang menjadi kurus dan lemas.

Diatas merupakan informasi mengenai penyebab penyakit flek paru-paru. Anda bisa melakukan pencegahan terjadinya flek paru-paru dan juga penyakit beresiko lainnya. Jangan lupa untuk mengatur pola makan dan pola hidup, karena di situlah kunci kesehatan seseorang. Semoga Bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *