Gejala, Penyebab Dan Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan keadaan seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau tidak bisa cukup untuk tidur dengan waktu yang dibutuhkan meski dia memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Hal ini mengakibatkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas esok harinya.

Tidur ialah keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh beristirahat. Saat tidur, tubuh akan memulai siklus yang bergantian antara tidur gerakan mata cepat dan tidur non-gerakan mata cepat. Anda mungkin akan melalui empat sampai lima siklus tidur dalam satu malam. Siklus tidur berlangsung kurang lebih selama 90 menit.

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia

Gejala Insomnia

Gejala insomnia berbeda-beda, pada sebagian penderita ada yang berbaring dengan keadaan terjaga untuk waktu yang lama sebelum benar-benar tertidur. Selain itu ada juga yang terbangun beberapa kali dari tidur atau terbangun saat masih dini hari dan tidak bisa tidur kembali.

Sulit untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur berbeda-beda bagi tiap orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan. Gejala-gejala insomnia yang paling umum di antaranya:

  • Susah tidur.
  • Terbangun di malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur kembali.
  • Merasa lelah, uring-uringan, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang harinya.
  • Tidak bisa tidur siang meskipun tubuh lelah.

Penyebab Insomnia

Penyebab seseorang menderita insomnia bisa bermacam-macam, antara lain masalah psikologi, kesehatan fisik, gaya hidup dan faktor kenyamanan diruang kamar.

  • Masalah Psikologi
    Masalah psikologi sering menjadi faktor utama munculnya gejala insomnia, salah satunya adalah stres. Insomnia juga bisa disebabkan oleh kecemasan, orang yang mengalami rasa cemas akan sulit memulai tidur. Selain itu, rasa cemas juga dapat membuat seseorang tidak bisa mempertahankan tidur sehingga sering terbangun ditengah malam dan sulit untuk tidur kembali.
  • Kesehatan Fisik
    Masalah kesehatan fisik dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga mendapat kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur. Contohnya, memderita penyakit yang menimbulkan nyeri yang berkepanjangan, Gangguan pernapasan, gangguan jantung, masalah otot dan sendi, masalah pada organ kemih, gangguan pencernaan, stroke dan lain sebagainya.
  • Pola Hidup Yang Buruk
    Insomnia dapat disebabkan oleh pola hidup yang buruk, salah atunya adalah waktu tidur yang tidak tepat. Waktu tidur yang terus berubah-ubah dapat menyebabkan ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh, termasuk siklus tidur dan bangun akan terganggu.

    Makanan dalam porsi besar juga dapat membuat seseorang sulit tidur. Perut yang terlalu kenyang dapat membuat tubuh tidak nyaman saat dibaringkan. Tidur tidak lama setelah makan juga dapat berpotensi menyebabkan sakit ulu hati. Tentu saja dengan kondisi-kondisi tersebut, tidur akan terganggu. Makanlah makanan yang bagus untuk penderita insomnia.

    Sama seperti makanan berporsi besar, konsumsi minuman berkafein secara berlebihan, nikotin, dan minuman beralkohol sebaiknya dihindari menjelang waktu tidur. Alkohol memang mengandung zat penenang yang dapat membantu mempercepat tidur Anda, namun tidak bisa membuat Anda tidur hingga mencapai tahap yang lebih lelap.

  • Faktor lingkungan
    Lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman dapat mengganggu tidur seseorang, seperti suhu kamar yang terlalu dingin atau panas, suara bising dan cahaya lampu yang terlalu terang.

Cara Mengatasi Insomnia

Dalam mengobati insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Jika insomnia disebabkan oleh kebiasaan tertentu, maka dokter akan menyarankan pasien untuk mengubah kebiasaannya itu. Misalnya menyarankan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein, merokok, dan minuman keras menjelang tidur. Selain itu, dokter akan menyarankan menetapkan waktu tidur dan bangun tiap harinya secara disiplin. Terakhir, pasien akan disarankan untuk tidak melakukan tidur siang. Selain berkonsultasi dengan dokter untuk mengobati insomnia, Anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan herbal agar bisa mencegah serta mengobati insomnia yang Anda derita

Baca Juga : Obat Insomnia Herbal Berkhasiat

Demikian penjelasan mengenai Gejala, Penyebab serta Cara mengobati Insomnia semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *