Ginjal Bengkak, Gejala, Penyebab, dan Cara Menanganinya

Penyakit ginjal bengkak atau pembengkakan ginjal atau dalam medis sering disebut hidronefrosis adalah penyakit yang menyerang ginjal dan mengakibatkan pembengkakan atau membesarnya ukuran ginjal dari ukuran normalnya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran ureter yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Ureter yang tersumbat akan menghalangi aliran urine ke kandung kemih, hal ini menyebabkan urin tidak bisa menuju kandung kemih dan menumpuk di ginjal sehingga ginjal akan membengkak.

Normalnya ginjal berfungsi sebagai penyering atau filter darah yang mengandung kotoran atau racun, sehingga dapat dibuang dalam bentuk urine. Jika ginjal mengalami masalah maka proses fiterisasinya juga akan terganggu dan dapat mengakibatkan masalah yang serius hingga dapat menimbulkan berbagai penyakit kronik. Penyakit ginjal bengkak biasanya terjadi pada salah satu ginjal, tapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada kedua ginjal. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja orang dewasa, lansia bahkan bayi.

Gejala, Penyebab dan Cara Menangani Penyakit Ginjal Bengkak

Gejala yang biasanya muncul pada ginjal bengkak adalah sering merasa ingin buang air kecil, jika penyakit semakin parah dan dibiarkan akan semakin berat dan disertai dengan muntah, mual, demam, urine tidak keluar seluruhnya, nyeri perut atau panggul dan nyeri saat buang air kecil.

Gejala Penyakit Ginjal bengkak

Gejala ginjal bengkak meliputi:

  • Pembengakakan pada tangan, kaki dan wajah
  • Perubahan Saat buang air kecil
  • Kelelehan atau anemia
  • Gatal atau ruam dikulit
  • muntah dan mual
  • Sesak nafas
  • Susah berkonsentrasi dan pusing
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri dibagian pinggang atau perut

Baca Juga : Makanan Yang Perlu Dihindari Penderita Ginjal Bengkak

Penyebab Penyakit Ginjal Bengkak

Penyebab paling sering ditemui pada kasus penyakit ginjal bengkak adalah disebabkan oleh penyumbatan di salah satu ginjal atau kedua ginjal karena batu ginjal. Selain itu ada beberap penyebab lain dari penyakit ginjal bengakak ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Batu ginjal.
  • Penyumbatan di ureter karena batu ureter yang menyebabkan aliran urine balik ke ginjal dan menyebabkan ginjal bengakak.
  • Adanya pembekuan darah yang menyumbat aliran urine di ginjal sehingga menyebabkan ginjal bengakak.
  • Adanya tumor di ginjal ataupun di ureter.
  • Karena Trauma pada ginjal.
  • Sindrom Ginjal Polikistik
  • Penyempitan ureter karena trauma atau karena kelainan saat lahir.

Penyebab penyakit ginjal bengkak bisa berbeda pada seiap orangnya. Umumnya penyebab penyakit ginjal bengkak pada orang dewasa terjadi karena batu ginjal, kelainan organ panggul, pembesaran prostat, penyempitan ureter dan kaker. Beda hal nya penyebab ginjal bengkak pada anak-anak atau bayi, bisa disebabkan oleh refluks vesikoureteral, kondisi di mana katup yang mengontrol aliran urin dari ureter ke kandung kemih tidak berfungsi.

Baca Juga : Makanan Yang Aman Untuk Penderita Ginjal Bengkak

Cara Menangani Penyakit Ginjal Bengkak

Penanganan atau pengobatan penyakit ginjal bengkak berbeda-beda, tergantung dari penyebab penyakit yang mendasarinya. Orang dewasa yang mengalami penyakit ini umumnya perlu melakukan proses kateterisasi atau pengeringan urine dari ginjal supaya dapat mencegah kerusakan ginjal dikemudian hari.

Penanganan yang dilakukan kepada penderita ginjal bengkak karena batu ginjal dapat dilalukan operasi pengangkatan batu ginjal tersebut atau menghancurkannya dengan cara mengkonsumsi obat-obatan atau dengan metode laser. Penanganan pasien karena pembengkakan prostat dapat dilakuakan dengan cara operasi pengangkatan prostat. Melakukan radioterapi jika penderita ginjal bengkak karena penyakit kanker.

Sedangkan, pada bayi kondisi ini dapat membaik seiring dengan berkembanganya bayi. Tetapi dokter munkin akan memberitakn antibiotik untuk mengurangi infeksi saluran kemih karena urine sulit dikeluarkan.

Baca Juga : Obat Herbal Ginjal Bengkak Aman dan Efektif

Penyakit ginjal bengkak merupakan kondisi yang cukup berbahaya, karena peran dan fungsi ginjal yang penting dalam tubuh sebagai filter atau penyari kotoran dan toksin dalam darah. Sebab, jika ginjal tidak berfungsi sebagai mestinya akan menyebabkan toksin yang ada dalam darah tidak tersaring dan akan terbawa ke seluruh tubuh oleh darah. Hal ini tentu sangat berbahaya dan dapat meyebabkan berbagai penyakit berbahaya.

Jagalah ginjal dengan baik dengan cara menjalami gaya hidup yang sehat sekaligus menjaga tekanan darah dalam batas normal, jauhi rokok alkohol dan obat-obatan terlarang. Cukupi kebutuhan air putih setiap hari, mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan ideal.

Jika mengalami gejala penyakit seperti diatas, sebaiknya periksakan secara langsung ke dokter terutama ke dokter spesialis urologi supaya dapat diketahui penyebab dari penyakit ginjal bengakak tersebut agar cepat mendapat pengobatan yang tepat. Sekian artikel mengenai penyakit ginjal bengkak, semoga bermanfaat. Terimakasaih.

obatobatanherbal

Artikel Terkait

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *