Kaitan Antara Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Penyakit asam urat dan kolesterol secara sekilas memang tidak terlihat saling berkaitan satu sama lain. Banyak orang yang tidak memahami adanya kaitan yang sangat erat antara kedua penyakit ini sehingga tidak memahami bagai mana keluhan kolesterol bisa mempengaruhi kondisi penyakit asam urat dan bagaimanan penyakit asam urat bisa dibarengi oleh gejala kolesterol.

Asam urat merupakan penyakit dimana terjadi kerusakan persendian akibat tingginya uric acid yang mengendap pada area persendian dan tulang. ini berkaitan erat dengan munculnya pengendapat risidu purin. Purin dibentuk tubuh sebagai hasil proses sekresi protein oleh hati sebagai bagian dari metabolisme tubuh. Atau bisa juga masuk dari luar melalui konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi.

Kaitan Antara Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Dalam kondisi normal seharusnya zat ini keluar melalui urin dengan mekanisme kerja ginjal. Tetapi jika ginjal tidak mampu lagi untuk menampung kadar purin dalam tubuh, maka purin akan mengendapa dalam darah dan menimbulkan raksi pembentukan uric acid pada sendi. Tingginya kadar puric acid akan memicu munculnya peradangan pada sendi.

Berbeda dengan kolesterol yang merupakan jenis zat yang muncul dari tingginya kadar lemak yang masuk dalam tubuh. Lemak yang tidak berhasil diproses dalam pembakaran akan menjadi endapan dalam sel dan darah sebagai kolesterol. Zat ini akan bisa hilang jika ada aliran masuk antioksidan yang dapat berfungsi meningkatkan kemampuan tubuh dalam membersihkan endapan kolesterol.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Asam Urat dan Kolesterol

Kesamaan utama antara keluhan asam urat dan kolesterol ialah keduanya dimungkinkan terjadi dari kesalahan dalam pola makan. Sumber makanan yang menjadi pemicu kolesterol adalah jenis makanan yang sama sebagai penyebab asam urat, misalnya daging merah dan jeroan. Keduanya mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi sekaligus juga mengandung protein yang sulit dicerna sehingga membentuk residu purin lebih banyak.

Tidak hanya itu saja yang membuat berkaitan antara asam urat dan kolesterol. Masalah faktor penyebab hanya satu dari banyak kaitan dari keduanya. Ditemukan fakta bahwa mereka yang mempunyai keluhan kolesterol akan meningkatkan risiko mengalami asam urat lebih tinggi dua kali lipat, begitu pula sebaiknya. keterkaitan keduanya ialah karena adanya hubungan pengendapan dan pengentalan darah dalam kedua penyakit ini.

Ketika seseorang mengalami keluhan dengan kadar kolesterol tinggi, maka aliran darah dalam tubuh akan terganggu karena muncul endapan lemak dalam pembuluh darah yang menghalangi aliran darah. Akibatnya endapan purin yang seharusnya bisa segera diangkat menuju ginjal malah tersumbat dalam aliran darah dan meningkatkan risiko asam urat.

Baca Juga : Obat Tradisional Penurun Asam Urat dan Kolesterol

Sedangkan ketika kadar purin dalam darah meningkat, maka darah akan semakin mengental. Darah yang kental membuat laju aliran darah menjadi lambat. Aliran darah yang lambat akan membuat pembentukan endapan lebih sering terjadi. Termasuk pula pembentukan endapan kolesterol.

Seseorang dengan keluhan kolesterol juga berisiko mengalami keluhan obesitas. Sedangkan beberapa pakar juga melihat adanya kaitan antara keluhan obesitas dengan asam urat. Tingginya beban sendi dalam menopang tubuh meningkatkan kerentanan sendi untuk mengalami kerusakan ketika kadar asam urat meningkat. Bila beban yang dialami sendi cenderung besar, maka persendian akan mengalami lebih banyak pergesekan dan tekanan yang akhirnya memicu peradangan pada sendi akan lebih parah.

Jadi jelas adanya kaitan antara penyakit asam urat dan kolesterol. Penting bagi Anda memperhatikan kondisi keduanya tetap dalam tingkat yang normal dengan memperhatikan pola makan Anda sebaik mungkin dan tetap rutin menjalankan aktivitas olahraga, karena olahraga membantu proses pembakaran kolesterol dan meningkatkan elastisitas persendian. Semoga Bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *