Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Flek Paru-Paru

Saat ini penderita penyakit flek paru-paru di Indonesia menduduki urutan terbanyak ke dua di dunia setelah Tiongkok. Situasi penyakit flek paru-paru di Indonesia memang sudah semakin memburuk. Ketidak patuhan minum obat dan munculnya HIV/AIDS, kondisi gizi penderita yang buruk menjadi beberapa penyebab semakin buruknya kondisi penyakit flek paru-paru di Indonesia.

Untuk sembuh dari penyakit flek paru-paru, tidak cukup hanya peran serta pemerintah, perlu kesadaran dan niat yang kuat dari pengidap untuk terbebas dari penyakitnya merupakan faktor yang paling utama dari pengobatan penyakit flek paru-paru ini.

Makanan-Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Flek Paru-Paru

Sejauh ini, pemberian obat antituberkulosis (OAT) diyakini sebagai faktor utama dalam kesembuhan pasien. Namun, obat-obatan ternyata tidak cukup untuk membuat angka kesembuhan meningkat. Satatus gizi pasien juga memegang peran penting dalam proses penyembuhan pasien flek paru-paru. Makanan yang bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempermudah tubuh dalam melawan penyakit.

Berikut ini beberapa manakak yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit flek paru-paru:

1. Makronutrisi

Penderita flek paru-paru membutuhkan nutrisi sebagai sumber energi yang cukup untuk melawan penyakit yang dialaminya. Penelitian mengungkapkan bahwa angka kesembuhan pasien yang mempunyai satatus gizi yang baik akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mempunyai gizi yang baik.

Makronutrisi merupakan zat makanan yang sangat dibutuhkan oleh pengidap flek paru-paru untuk mempertahankan status gizinya. Maka dari itu, diharuskan bagi penderita penyakit flek paru-paru mengkonsumsi makanan tersebut meskipun penderita tidak mempunyai nafsu makan.

Contoh Makronutrisi:

  • Karbohidrat
    Sumber: Nasi, Roti, Gandum, Ubi, Singkong, Jagung, Sagu, Buah-buahan.
    Karbohidrat sangat penting untuk pengidap penyakit flek paru-paru dan sumber energi utama sebelum penggunaan protein tubuh. Glukosa dari karbohidrat berfungsi sebagai makanan sel, sehingga sel-sel yang rusak mempunyai tenaga untuk memperbaiki diri. Selain itu, karbohidrat sangat penting untuk menjaga berat badan pada penderita.
  • Protein
    Sumber : Tuler, daging, ikan, susu, keju, dan kacang-kacangan.
    Makanan yang mengandung protein merupakan bagian penting untuk membangan dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti paru-paru dan bagian tubuh lain yang rusak akibat penyakit flek paru-paru. Selain itu, protein dapat merangsang pembentukan interferon yang dpat membunuh kuman penyebab flek paru-paru.
  • Lemak
    Sumber : Telur, susu, daging, ikan, alpukat, kacang-kacangan dan minyak kelapa.
    Lemak dapat membantu dalam proses pelarutan viatmin-vitamin yang sangat dibutuhkan oleh penderita flek paru-paru. Lemak juga berfungsi melindungi organ-organ seperti paru dari kerusakan, selain itu lemak juga membantu dalam proses penyusunan membran sel-sel tubuh baru bersama protein dan karbohidrat.

Baca Juga :

Gejala-Gejala Flek Paru-Paru Pada Anak-Anak
Faktor Penyebab Flek Paru-Paru

2. Mikronutrisi

Mikro nutrisi adalah zat dari sumber makanan tertentu yang tidak kalah penting bagi proses kesembuhan pasien. Mikronutrisi berarti zat makanan yang mempunyai ukuran kikro, terdiri dari vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Contoh Mikronutrisi:

  • Vitamin A
    Sumber: Daging, susu, keju, telur, wortel, cabai, bayam, tomat, brokoli, anggur, pepaya, pisang, suplemen, dll.
  • Seng
    Sumber: Tiram, gandum, daging, labu kuning, wijen, lobster dan suplemen.

Vitamin A dan seng merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam fungsi imunitas bawaan maupun yang didapat, mempertahankan fungsi dan keutuhan sel, juga diperlukan dalam ekspresi gen. Imunitas ini sangat penting bagi pengidap flek paru-paru untuk melawan penyakit tersebut. Asupan yang cukup akan dapat mempercepat penyembuhan penderita yang sedang dalam tahap pengobatan.

Maka dari itu, selain disiplin dalam mengkonsumsi obat dari dokter, kebiasaan hidp sehat dan terpenuhinya asupan gizi yang sesuai merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan demi kesembuhan dari penyakit flek paru-paru.

Artikel Terkait : Obat Herbal Flek Paru-Paru Pada Anak

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *