Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi berbeda dengan anemia atau kurang darah. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Oleh sebab itu penting untuk selalu penyebab dari darah rendah ini. Penyakit ini bisa disebabkan oleh adanya faktor keturunan dari keluarga, kelelahan, dll.

Penyakit ini ditandai dengan sering pusing dan keringat dingin, mudah merasa ngantuk dan sering menguap. Mata sering berkunang-kunang dan penglihatan kurang jelas terutama setelah duduk lama kemudian berjalan. Mudah kelelahan dan tidak bertenaga bahkan sering mengalami pingsan. Wajah terlihat pucat karena suplai darah ke seluruh jaringan tubuh kurang maksimal.

Makanan-Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Darah Rendah

Jika mengalami gejala tekanan darah rendah Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara terbaik untuk mengatasinya. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan yang cocok dan menyarankan beberapa makanan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Berikut ini beberapa makanan sehat yang cocok untuk penderita tekanan darah rendah:

  • Buah Stroberry
    Memakan buah ini memang dipercaya bisa menormalkan tekanan darah dalam tubuh kita dengan cepat dan pastinya akan stabil. jika tidak menyukai mengonsumsi buah ini secara langsung, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara di jus. buah ini mengandung banyak antioksidan.
  • Kismis
    Kismis merupakan buah anggur yang sudah dikeringkan. kismis ini umumnya digunakan untuk camouran makanan lain seperti toping. Meski terlihat sepele karena bentuknya kecil, ternyata kismis memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat menstabilkan tekanan darah.
  • Hati Ayam
    Hati ayam dipercaya sangat cepat meningkatkan tekanan darah. Hati ayam mengandung banyak zat besi yang bisa memompa dan juga memacu tekanan darah.
  • Daging Ayam
    Pada daging ayam terdapat protein yang tinggi, salah satunya adalah protein hewani yang sangat baik sekali untuk tubuh kita.

Baca Juga : Obat Herbal Darah Rendah atau Hipotensi

  • Susu dan Almond
    Perpaduan susu dan almond adalah salah satu cara tradisional dalam mengatasi tekanan darah rendah pada pasien hipotensi. Konsumsi campuran susu dan almond ini setiap pagi selama beberapa minggu untuk mengobati tekanan darah rendah.
  • Jus Wortel
    Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa jus wortel bisa meningkatkan sirkulasi darah dan secara bersamaan mengukur tinggkat tekanan darah.
  • Jus Lemon
    Jus lemon sangat efektif untuk mengobati tekanan darah rendah yang disebabkan karena dehidrasi. Antioksidan yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk mengatur sirkulasi dan tekanan darah. Minumlah segelas jus lemon dicampur dengan gula dan garam untuk mnegontrol tekanan darah Anda.
  • Bawang Putih
    Bawang putih mengandung senyawa yang dpat membantu dalam menstabilkan tekanan darah bersama dengan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.
  • Aneka Jus Buah
    Jus segar yang terbuat dari buah-buahan memang minuman yang sangat hehat. Didalamnya terdapat banyak vitamin  dan mineral yang diperlukan tubuh untuk mebantu menjaga kestabilan. Selain itu, buah-buahan juga banyak mengandung abtioksidan.
  • Makanan Yang Mengadung Kafein
    Kafein bisa meningkatkan tekanan darah kita dengan cepat. Waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah pada malam hari. Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein tinggi antara lain kopi, teh dan cokelat.
  • Garam
    Bagi seseorang yang mengalami tekanan darah rendah bisa mengonsumsi garam yang banyak. Karena garam bisa membantu meningkatkan darah yang ada dalam tubuh.
  • Kuning Telur
    Kuning telur mengandung protein yang sangat tinggi, ini berguna untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Selain mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, istirahat yang cukup juga akan sangat membantu dalam menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Olahraga yang cukup dan pola hidup sehat untuk bisa terhindar dari tekanan darah rendah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *