Makanan Yang Bagus Untuk Penderita Insomnia

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana penderita akan susah untuk tidur. Insomnia sendiri bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala penyakit yang mempunyai berbagai penyebab. Penyebab insomnia sendiri bisa disebabkan oleh kelainan emosional, pemakaian obat-obatan, stres dan lain sebagainya.

Kita memerlukan waktu beristirahat atau tidur kurang lebih 8 jam, jika kitu kurang tidur maka akan menimbulkan berbagai gabgguan, mulai dari defresi, resiko diabetes, bahkan membuat lingkar pinggang semakin berkembang. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan insomnia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Makanan Untuk Mengatasi Insomnia

Beberapa jenis makanan dapat membuat seseorang tidur di malam hari dengan lebih baik dan nyenyak. Berikut makanan untuk mengatasi insomnia:

  • Ceri
    Ceri adalah salah satu makanan yang dapat membantu supaya tidur menjadi nyenyak dan nyaman. ceri memiliki kandungan melatonin alami yang bisa mengatur pola tidur Anda. Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, Anda bisa konsumsi beberapa ceri segar.
  • Madu
    Madu mengandung gula alami yang bisa mengantarkan triftofan kedalam otak yang selanjutnya dikonversi menjadi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang bisa membantu untuk relaksasi. Selain itu, adanya glikogen di dalam liver dapat diisi kembali dan bisa membatasi pelepasan tidur yang bisa mengganggu adrenalin dan kortisol di waktu pagi. Oleh karena itu Anda bisa mengkonsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur.
  • Beras Melati
    Beras melati merupakan salah satu jenis beras yang baunya harum dan berasal dari Thailand. Menurut para peneliti, apabila mengkonsumsi sejumlah kecil saja beras yang mengandung glisemik tinggi di waktu malam hari, bisa membantu supaya tidur lebih nyenyak. Menurut mereka, makanan yang memiliki kandungan glisemik tinggi, seperti halnya beras melati dapat meningkatkan ketersediaan triptofan dalam otak.
  • Pisang
    Pisang dapat menyebabkan rasa kantuk dikarenakan mempunyai kandungan kalium, karbohidrat, dan magnesium. Selain hal itu, buah pisang juga akan menjadi cemilan yang cocok dikonsumsi sebelum kamu tertidur. Kesehatan jantung serta fungsi kognitif akan terjaga karena kandungan kalium yang ada dalam pisang.
  • Ubi jalar
    Ubi jalar mengandung potassium yang tinggi. Ubi jalar bisa membantu untuk relaksasi otot serta bisa memberikan karbohidrat kompleks yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  • Buah Kiwi
    Buah kiwi merupakan salah satu jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi. Karena salah satu pemicu insomnia ialah meningkatnya stres oksidatif, maka mengkonsumsi buah ini mungkin bisa membantu Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa zat antioksidan bermanfaat menurunkan stres oksidatif sekaligus menangkal radikal bebas. Selain kaya akan zat antioksidan, buah kiwi juga mengandung asam folat yang tinggi. Salah satu kemampuan asam folat adalah membantu tubuh memperlancar aliran darah, sehingga dengan demikian insomnia pun bisa teratasi. Peredaran darah yang tidak lancar merupakan salah satu penyebab sulit tidur yang jarang disadari oleh kebanyakan orang.
  • Anggur
    Anggur telah dikenal akan kandungan melatonin, yaitu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu, para penderita insomnia boleh berharap dengan mengkonsumsi anggur untuk mengatasi masalah tidurnya.

Itulah beberapa makanan yang bisa mengatasi insomnia. Ada banyak cara untuk mengatasi insomnia selain dari mengkonsumsi makanan tertentu, Anda juga bisa mencegahnya dengan cara rajin berolahraga atau Anda juga bisa mengkonsumsi obat insomnia, agar Anda dapat terbantu dari masalah insomnia tersebut. Semoga artikrl ini bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Terkait:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *