Makanan Yang Bisa Membersihkan Paru-Paru

Paru-Paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Fungsinya yang penting mengharuskan kita untuk merawat agar tidak sakit. Salah satu caranya ialah dengan tidak merokok dan menghirup udara yang mengandung banyak polusi.

Tahukah Anda jika terdapat beberapa makanan sehat yang secara alami dapat membersihkan paru-paru. dengan menjaga paru-paru tetap bersih, fungsi paru-paru yang Anda miliki akan tetap sehat dan dapat bekerja secara mormal.

Makanan Yang Bisa Membersihkan Paru-Paru Dengan Mudah

Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya bisa membersihkan paru-paru agar oragan pernapasan tersebut tetap sehat dan berfungsi dengan normal, diantaranya:

1. Buah dan sayur yang mengandung karotenoid
Beberapa buah dan sayuran yang mempunyai kandungan karotenoid diantaranya wortel, ubi jalar, sayuran hijau gelap, dan tomat. Karena manfaatnyabisa digunakan sebagai antioksidan untuk mengurangi risiko kanker paru-paru.

2. Makanan dengan asam lemak omega-3
Makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 secara bertahap mampu menyembuhkan asma. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, kacang-kacangan dan biji rami.

3. Sayuran
Sayuran seperti kubis, brokoli dan kol mempunyai kandungan yang sangat baik untuk paru-paru. Jadi, selalu sertakan sayuran dalam setiap menu makananmu setiap hari.

Baca Juga : Obat herbal Flek Paru-Paru Pada Anak

4. Makanan yang mengandung folat
Di dalam tubuh, folat yang berasal dari bayam , asparagus, buah jeruk, kacang dan alpukat akan diubah menjadi asam folat. Makanan tersebut juga secara bertahap melindungi paru-paru dari kanker.

5. Makanan bervitamin C
Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan paru-paru. Anda dapat memperoleh vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, anggur, nanas dan mangga. Dan masih banyak buah yang menpunyai kandungan vitamin C yang tinggi.

6. Bawang putih
Bawang putih mempunyai zat yang disebut allicin yang bisa melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Zat ini akan sangat baik bagi penderita asam dan infeksi paru-paru.

7. Buah berry
Flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam berry dapat menghilangkan karsinogen dari paru-paru. Adapun jenis buah berry yang bisa Anda coba adalah blueberry, raspberry atau juga blackberry.

8. Apel
Apel adalah salah satu makanan yang baik untuk paru-paru. selain mudah didapat, harganya lumayan terjangkau. Dan telah banyak juga berbagai jus apel yang bisa langsung dinikmati.

9. Jahe
Menambahkan jahe pada masakan atau dijadikan minuman hangat akan memberikan efek yang baik untuk paru-paru.

Baca Juga : Gejala-Gejala Flek Paru-Paru Pada Anak-Anak

10. Kunyit
Rempah-rempah yang mirip jahe ini mampu meringankan peradangan pada paru-paru. Zat curcumin yang terdapat didalam kunyit dapat menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru.

11. Delima
Buah delima berguna untuk meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru.

12. Anggur
Buah anggur secara alami mampu membersihkan paru-paru dengan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

13. Makanan yang mengandung magnesium
Magnesium adalah salah satu mineral terbaik untuk menyembuhkan penyakit asam. Beberapa makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah kacang-kacangan, alpukat, pisang, ikan dahn buah-buahan kering.

14. Air putih
Air merupakan elemen terpenting yang membantu kerja paru-paru untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Demi untuk paru-paru yang sehat, penuhilah zat dan mineral yang dibutuhkan paru-paru dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membersihkan paru-paru. Hindarilah merokok dan menghirup polusi berlebih agar paru-paru tetap terjaga, sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa menyerang paru-paru. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *