Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah merupakan kelulan yang terjadi karena tekanan dalam tubuh di bawah tekanan normal atau rendah, Hal ini bisa disebabkan oleh salah mengkonsumsi makanan yang salah atau makanan yang bisa mengakibatkan gejala darah rendah kambuh. Pada sebagian penderita, gejala ini hanya berlangsung beberapa saat saja, cukup dengan mengistirahatkan diri dan menghentikan aktivitas sementara akan menormalkan kembali tekanan darah.

Gejala yang biasa terjadi biasanya berupa pusing, sakit kepala, lemas, jantung berdebar, sulit konsentrasi atau fokus. Banyak penderita yang belum mengetahui dan memahami dengan benar penyebab, serta bahaya terjadinya tekanan darah rendah tersebut, dan kebanyakan tidak memperdulikan hal tersebut. Makanan bisa saja menjadi salah satu penyebab dari tekanan darah rendah. Makanan yang kurang sehat atau makanan cepat saji bisa menjadi penyabab darah rendah.

Makanan Yang Wajib dihindari Penderita Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur bisa menjadi pemicu dari darah rendah tersebut, Berikut ini beberapa makanan yang patut untuk Anda hindari agar tekanan darah Anda tidak menjadi rendah, diantaranya:

1. Hindari Makanan Siap Saji atau Junk Food
Sebisa mungkin hindari makanan olahan cepat saji yang sekarang banyak ditemukan. Makana cepat saji ini banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol LDL yang dapat mengiritasi lambung dan menyumbat pembuluh darah dan aluran darah. Jika aliran darah tidak normal maka akan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

2. Hindari Makanan Asam
Makanan asam memiliki sifat menggerus dan mengiritasi lambung yang mengakibatkan nafsu makan berkurang, jika hal ini terjadi, lambung akan luka dan asam lambung akan naik, jika tidak ditangani lebih lanjut maka kondisi tersebut cenderung akan menekan nafsu makan yang mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi yang akhirnya menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Baca Juga : Bahaya Akibat Gejala Tekanan Darah Rendah

3. Hindari Makan Mie Secara Berlebihan
Mie instan kini sering dijumpai diman-man, mie instan mengandung zat pengawet dan zat lainnya yang bisa menghambat usus dalam mencerna makanan dengan baik, mie instan tidak mengandung banyak serat dan zat besi. Mie instan mempunyai sipat menekan rasa lapar yang akan menyebabkan tekanan darah rendah.

4. Hindari Makanan Yang Digoreng
Jika ingin mengkonsumsi makan yang digoreng sebaiknya buatlah sendri di rumah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak yang tidak mengandung trans, agar kesehatan jantung dan sel darah merah Anda tetap terjaga dengan baik. Minyak jenuh yang biasa terdapat pada minyak yang beberapa kali dipakai yaitu yang sering digunakan para pedagang gorengan pinggir jalan, mempunyai sifat mengikat nutrisi tubuh dan darah serta menghambat aliran darah sehingga dapat menimbulkan tekanan darah menurun.

5. Hindari Meminum Minuman Beralkohol
Alkohol bersifat panas dan bisa membuat luka dan iritasi pada lambung, usus dan merusak jumlah sel darah merah. Alkohol akan membuat tubuh semakin lemas dan dapat menybabkan pingsan jika penderita darah rendah mengkonsumsinya, karena alkohol merusak sel darah merah dan menghambat aliran darah ke otak.

Baca Juga : Obat Herbal Darah Rendah atau Hipotensi

6. Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda mengandung banyak kadar gula dan terdapat bahan pengawet yang bisa mengakibatkan alergi pada sebagian orang. Kandungan gula yang terdapat dalam minuman soda tidak dapat menaikan tekanan darah, tetapi dapat memicu peningkatak kadar gula dalam darah dan dapat menghambat penyerapan nutrisi dan gula alami yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan sehingga tidak mampu mengubahnya menjadi nurtisi baik agar dapat memperbaiki kualitas sel-sel darah merah.

7. Hindari Makanan Yang Tidak Mengandung Serat
Makanan yang tidak mengandung serat tinggi dapat menyebabkan tekanan darah yang rendah akan semakin rendah. Hal tersebut dapat membahayakan kesehatan karena bisa menyebabkan pingsan karena dehidrasi.

8. Hindari Makan Pahit
Penderita tekanan darah rendah membutuhkan banyak zat gula bukan zat pahit. Zat gula dapat meningkatkan energi, stamina dan meningkatkan tekanan darah secara perlahan. sedangkan zat pahit dapat menghentikan peningkatan energi, stamina dan tekanan darah.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

9. Hindari Mengkonsumsi Obat-obatan Berlebihan
Mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan pada penderita darah rendah tidak baik. Zat kimia yang terdapat dalam obat bisa mengikat garam dan gula dalam tubuh sehingga menghalangi dan menghambat sel-sel darah merah untuk melakukan peningkatan.

Tekanan darah rendah memang umum terjadi pada seseorang, gejala ini bisa diredakan dengan beristirahat. Tetapi menghindari penyababnya juga merupakan hal yang benar, jadi hindari makanan yang dapat membuat tekanan darah Anda rendah. Atau konsultasikan kedokter agar Anda bisa menangani gejala tersebut. Sekian artikel mengenai Makanan yang harus dihindari penderita darah rendah, Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *