Memilih Pengobatan Herbal

Pengobatan HerbalPengobatan adalah ilmu dan seni penyembuhan penyakit. Sampai saat ini, pengobatan sendiri banyak sekali jenisnya. Salah satunya adalah pengobatan herbal, pengobatan herbal sering dikaitkan dengan alternatif yang merupakan suatu metode pengobatan yang prinsipnya menekan penyebab utama dan mengobatinya, bukan meringankan gejala dari suatu penyakit. Selain itu, cara ini lebih aman dan tidak menimbulkan efeksamping terhadap tubuh. Dengan fungsi tersebut banyak sekali orang yang lebih memilih pengobatan herbal daripada medis, contoh kecilnya mereka yang mempunyai penyakit kanker, mencoba mengobati penyakitnya dengan mengkonsumsi obat obatan herbal dan tidak melakukan operasi.

Pengobatan dengan cara konsumsi bahan herbal sebenarnya telah berabad-abad lamanya dipergunakan secara luas oleh masyarakat indonesia, meskipun pada dasarnya masih banyak bahan baku standar yang belum memiliki persyaratan resmi dari pemerintah. Pengobatan herbal umumnya menggunakan obat tradisional, yaitu obat dari bahan-bahan alam, yang lebih dikenal sebagai simplisia. Simplisia adalah bahan alamiah yang digunakan untuk obat, yang belum mengalami pengolahan apapun juga, berupa bahan yang telah dikeringkan. Keampuhan metode pengobatan ini dikenal sejak dahulu, mampu mengobati penyakit dan tidak diragukan lagi oleh dunia kedokteran modern. Berbagai jenis penyakit yang sudah tidak dapat lagi diobati atau disembuhkan dengan pengobatan modern ternyata bisa diatasi dengan pengobatan herbal. Efek samping dari herbal sangat kecil, karena bahan berasal dari sumber alami.

Manfaat Obat Herbal Untuk Penyakit

Manfaat obat herbal memiliki konsep berbeda dengan pengobatan medis. Salah satunya seperti adanya penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme seperti bakteri dan virus, dalam hal ini pengobatan medis membunuh mikroorganisme tersebut dengan obat kimia dan biasanya dapat menimbulkan masalah lain karena efek dari obat kimia tersebut. Dalam pengobatan herbal tidak dikenal efek samping, yang utama daya kerja dari herbal ini meingkatkan kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, manusia tidak akan sakit dan herbal dapat membantu proses detoksifikasi dengan cara meningkatkan kekebalan tersebut.

Memilih metode pengobatan herbal untuk penyakit saat ini adalah tepat. Mengingat obat kimia saat ini sudah banyak yang merasakan efesampingnya. Metode pengobatan ini juga tidak perlu perhitungan, mengingat respon tiap individu terhadap obat herbal berbeda satu sama lain. Oleh karena itu obat herbal tidak dapat diminum sembarangan. kendati memiliki gangguan kesehatan yang sama, belum tentu herbal yang diberikan akan cocok bagi satu penderita dengan penderita lainnya.

Obat herbal tradisional dapat meningkatkan dan memperbaiki ekspresi gen dalam tubuh. Saat eksresi gen meningkat dan menjadi lebih baik, hormone dan system imun tubuh akan berkerja lebih optimal. Demikian di kemukakan oleh Dr .Aamarullah, seorang pakar kesehatan dalam sebuah seminar, beberapa waktu lalu. Dikatakanya, yang di cari oleh mereka yang sakit bukanlah hanya sekedar mengobati tapi menyembuhkan. Obat yang terbuat dari bahan kimia biasa tidak memberikan kesembuhan total karena hanya memperbaiki beberapa fungsi system tubuh.

Sebaliknya, obat herbal tradisional memiliki kemampuan keseluruhan system , karena berkerja di lingkup sel dan molekuler. Kehebatan obat herbal tradisional bukan karna kendala. Regulasi pemerintah mengenai obat herbal masih belum ada. Selain itu , sosialisasi pada masyarakat mengenai penggunaan obat jenis belum merata. Ini terjadi karena sebagian besar dokter di Indonesia masih menggunakan obat dari bahan kimia dan denderung menyepelekan obat herbal tradisional, seperti jamu.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 23/03/2017

    […] Memilih pengobatan herbal untuk penyakit merupakan tindakan yang tepat. Namun itu semua tentunya didasari dengan diagnosa medis yang memastikan bahwa penyakit anda cocok melakukan metode ini, lalu bagaimana dengan penyakit kronis?. Kenapa tidak, banyak orang dengan keluhan kesehatan yang parah seperti mempunyai penyakit kanker, stroke, darah tinggi dan diabetes berhasil sembuh dengan mengkonsumsi obat herbal untuk menyembuhkan penyakitnya. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *