Cara Mengatasi Penyakit Bronkitis Menurut Saran Dari Dokter

Jika Anda sedang mengalami penyakit bronkitis ada baiknya Anda simak artikel yang satu ini. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi penyakit bronkitis dengan cara-cara yang disarankan oleh dokter. Ketika Anda mengalami penyakit pernapasan salah satunya penyakit bronkitis, maka akan sangat mengganggu pernapasan terutama pada malam hari sebab hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat susah tidar serta hidung tersumbat.

Untuk mempercepat penyembuhan penyakit bronkitis, Anda sebaiknya ikuti langkah-langkah sederhana yang disarankan dokter. Selain itu, Anda juga dapat mencegah penyakit bronkitis dengan mengkonsumsi makanan pencegah penyakit bronkitis. Menjaga pola makan, hidup sehat dan menjauhi makanan penyebab bronkitis juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tersebut.

Saran Dokter Untuk Mengatasi Penyakit Bronkitis

Cara Mengatasi Penyakit Bronkitis Menurut Saran Dari Dokter

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi bronkitis dengan saran dari dokter, alangkah baiknya jika kita mengetaui terlebih dahulu tentang penyakit bronkitis ini. Penyakit bronkitis terbagi menjadi 2 macam diantaranya:

  1. Bronkitis akut
    Bronkitis akut biasanya akan ditandai dengan gejala seperti batuk berdahak, demam, hidung tersumbat. Gejala ini akan berlangsung sekitar 2 sampai 3 minggu jika tidak diobati.
  2. Bronkitis kronis
    Bronkitis kronis ditandai dengan gejala lanjutan dari bronkitis akut, contohnya seperti batuk berdarah, hal itu tentu harus segera diperiksakan ke dokter. Umumnya gejala dari bronkitis kronis dapat berlangsung lama hingga 3 bulan.

Baca Juga :

Berikut Saran dokter Untuk Pemulihan Bronkitis

  • Mengkonsumsi Minuman dan Makanan Hangat
    Minuman dan makanan yang hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan serta membantu mengencerkan dahak yang berda di tenggorokan sehingga mudah untuk dikeluarkan. Konsumsilah minuman dan makanan hangat seperti teh herbal hangat, sup hangat dll. Makanan dan minuman hangat diyakini bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit bronkitis.
  • Perbanyak Istirahat
    Seseorang yang sedang mengalami penyakit bronkitis biasanya akan cepat kelelahan. Oleh sebab itu, disarankan untuk perbanyak istirahat supaya kondisi tersebut cepat pulih. Kelelahan disebabkan karena infeksi yang terjadi pada paru-paru.
  • Jauhi Asap Rokok dan Berhenti Merokok
    Rokok merupakan salah satu penyebab dari penyakit bronkitis. Jadi menghindari dan berhenti merokok merupakan tindakan yang tepat untuk mempercepat proses pemulihan penyakit bronkitis tersebut. Selain itu, rokok juga tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan juga tubuh.

Baca Juga :

  • Kompres Dengan Air Hangat
    Gejala bronkitis seperti batuk dapat mengganggu dan membuat sesek dan sakit saat bernapas. Kompros dada dengan menggunakan air hangat atau bisa menggunakan botol yang diisi air hangat, Anda juga bisa berendam pada air hangat atau selimuti tubuh supaya hangat. Lakukan cara tersebut supaya sesak napas atau gejala bronkitis cepat pulih.
  • Hirup Udara Lembab dan Hangat
    Ketika terserang bronkitis, paru-paru akan cenderung rentan terhadap infeksi. Oleh sebab itu, hindari menghirup udara kotor seperti polusi udara atau Anda bisa menghirup udara bersih, lembab dan hangat supaya paru-paru menjadi lebih sehat.

Baca Juga :

Itulah beberapa cara yang sering disarankan oleh dokter yang mudah dilakuakn untuk mempercepat pemulihan penyakit bronkitis. Jika kondisi atau gejala bronkitis tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda harus segera periksakan diri Anda ke dokter supaya mendapat penanganan yang tepat. Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi bronkitis menurut saran dokter, semoga bermanfaat. Terimakasih.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *