Obat Tradisioanal Untuk Penyakit Stroke

Tanaman obat penyakit stroke banyak ditemukan dilingkungan sekitar tempat tinggal kita. hanya saja tidak semua orang mengetahui tanaman tersebut mempunyai manfaat sebagai obat untuk penyakit stroke. Kebanyakan orang memakai pengobatan medis untuk mengobati penyakit stroke, meskipun harus mengeluarkan banyak uang. Padahal, melakuakn pengobatan dengan cara tradisional juga sama efektifnya dengan pengobatan medis dan juga pengobatan tradisional lebih murah dan mudah dilakukan.

Penderita Penyakit stroke masih bisa diobati dalam waktu kurang dari tiga jam setelah serangan. Penanganan yang tepat dan tindakan cepat untuk membawa pasien ke rumah sakit dapat menyelamatkan pasien dari kelumpuhan permanen. Namun, yang sering terjadi pasien sadar mengalami stroke setelah pingsan dan sebagian tubuhnya lumpuh. Jika pasien sudah mengalami hal tersebut maka sebaiknya dilakukan pengobatan di rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap dan menyediakan terapi pasca stroke.

Obat Tradisional Untuk Penyembuhan Penyakit Stroke

Penyakit stroke terjadi karena pasokan darah ke otak berkurang sehingga otak mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan otak. Jika berlangsung selama beberapa saat akan mengakibatkan sel-sel otak mati. itu yang menyebabkan otak tidak dapat mengatur kerja saraf dengan baik.

Penyebab penyakit stroke juga bisa terjadi karena adanya penyumbatan di pembuluh darah arteri atau dikenal dengan penyakit stroke iskemik. Faktor penyebab lainnya karena pembuluh darah yang pecah atau dikenal dengan penyakit stroke hemoragik. penderita stroke umumnya mengalami stroke iskemik yang terjadi akibat penyumbatan atau penyempitan arteri, sehingga aliran darah ke otak menjadi berkurang.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Stroke Sejak Dini

Ada beberapa faktor yang menyebabkan serangan stroke, baik faktor resiko yang dapat dikendalikan, maupun faktor resiko yang tidak dapat dikendalikan. Faktor resiko yang tidak dikendalikan adalah usia, jenis kelamin (pria lebih beresiko terkena stroke), keturunan dan ras. Sedangkan faktor resiko yang dapat dikendalikan umumnya diakibatkan oleh penyakit, seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi, serta gaya hidup merokok dan minum minuman beralkohol.

Beberapa Tanaman Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke

  • Jahe
    Fungsi jahe sebagai tonik jantung sudah dikenal lama, karena jahe mampu menurunkan kadar kolesterol dan membantu sirkulasi yang buruk. Jahe juga berkhasiat mencegah pembekuan darah. Caranya cukup dengan mengambil sekitar 2 sendok teh jahe sehari selama seminggu untuk menetralisir efek pembekuan darah. Jahe yang sudah diolah hingga matang dapat dikonsumsi dengan menyeduhnya dengan air panas seperti membuat teh. Cara lainnya adalah dengan menyeduh 1-2 sendok teh jahe yang diparut dan diseduh dengan air mendidih. Diamkan hingga air menjadi dingin kemudian diminum.
  • Bawang Putih
    Bawang putih dapat mencegah stroke dengan tiga cara, yaitu dengan menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan sebagai antikoagulan. Sebenarnya pemakaian bawang putih sebagai bumbu dapur merupakan ramuan terbaik untuk anti pembekuan. Salah satu bumbu dapur ini adalah obat stroke utama yang mampu mencegah serangan jantung. Sifat bawang putih sebagai pengencer darah dan mengontrol tekanan darah menjadikan umbi ini pilihan terbaik sebagai tanaman obat tradisional untuk penyakit stroke.

Baca Juga : Obat Herbal Stroke Ringan dan Berat

  • Willow
    Jenis tanaman ini mungkin masih jarang di Indonesia, namun dapat ditemukan di beberapa tempat. Kulit pohon willow merupakan aspirin alami. Mengonsumsi bahan ini dalam dosis rendah dapat mengurangi gejala stroke iskemik hingga 18%. Dosis rendah aspirin alami ini juga dapat mencegah resiko terkena serangan jantung. Cara memanfaatkan kulit pohon willow adalah dengan membuat teh dari kulit pohon willow. Tambahkan kulit pohon willow kering dengan 1-2 sendok teh herbal lain ke dalam air panas. Diamkan hingga dingin lalu diminum. Minum ramuan ini dua atau tiga cangkir sehari sampai stroke benar-benar sembuh.
  • Mengkudu
    Manfaat mengkudu atau pace sebagai obat sangat manjur. Bahkan, tidak hanya sebagai obat stroke, tapi obat penyakit lainnya. Hanya saja bau dan rasa yang ditimbulkan tidak disukai banyak orang. Oleh sebab itu, ada solusi terbaik untuk mengonsumsi buah ini dengan mudah, yaitu TNE. Minuman jus mengkudu ini diolah menggunakan standar internasional, sehingga rasa dan bau mengkudu dapat dihilangkan tanpa mengurangi khasiatnya.
  • Daun Sambiloto
    Daun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat tradisional untuk mengobati stroke. Kandungan senyawa dalam daun sambilato memberikan efek muskarinik pada pembuluh darah. Caranya dengan menyeduh 7 lembar daun sambiloto ke dalam setengah cangkir air panas. Tambahkan madu dalam minuman tersebut dan minum 3 kali sehari. Tanaman obat tradisional stroke dari daun sambiloto ini mudah didapatkan di lingkungan sekitar rumah.

Masih banyak lagi tanaman tradisional yang bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit stroke.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *