Operasi Lasik Untuk Menyembuhkan Mata Minus

Mata minus adalah suatu gangguan penglihatan yang meyebabkan penderitanya kesulitan melihat secara fokus benda yang jauh jaraknya. Mata minus sering disebut dengan penyakit rabun jauh atau dalam bahasa medis disebut dengan Mipoia. Rabun jauh banyak dialami oleh semua orang mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai lansia. Penyebabnya sangat beragam, faktor penyebab yang paling sering adalah fatkor keturunan dan gaya hidup.

Selain menggunakan alat bantu penghihatan seperti kacamata dan lensa kontak (soft lens). Untuk membantu penglihatan, miopia bisa disembuhkan dengan cara operasi lasik. Prosedur operasi lasik dilakukan atau disarankan dokter jika tingkat keparahan mata minus (dioptri) sudah melebihi tingkat normal. Biasanya level minus 7 atau lebih disarankan untuk melakukan operasi lasik, jika minus belum pada tingkat 7 risiko kebutaan dapat mengancam karena operasi lasik.

Operasi Lasik Untuk Menyembuhkan Mata Minus

Lalu apa itu operasi lasik?. Bagi Anda yang tidak mengetahui tentang operasi ini, berikut adalah pengertiannya. Operasi Lasik (LASIK adalah singkatan dari Laser-assisted in-situ keratomileusis) yaitu prosedur operasi mata mengguanakan leser yang bertujuan untuk mengoreksi masalah penglihatan dengan cara membentuk lengkungan kornea.

Kornea adalah bagian hitam pada mata yang terletak paling depan. Tujuan utama dari operasi lasik adalah supaya kornea mampu membiaskan sinar cahaya untuk fokus lebih tepat pada retina. Dengan begitu, gangguan mata mata seperti miopia dapat teratasi. Sehingga penderita bisa melepas kacamata, melepas lensa kontak dan bisa melihat dengan normal kembali tanpa alat bantu penglihatan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Mengalami Penyakit Mata Minus

Prosedur Operasi Lasik

Sebelum dilakukan operasi, dokter akan mendiskusikan berabagai hal mengenai operasi tersebut seperti risiko dan manfaatnya. Dokter juga akan memberikan jawaban dari setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Setelah berdiskusi, kemudian akan dilakukan pemeriksaan mata pra-bedah yang diawali dengan menanyakan riwayat medis dan bedah secara rinci dan melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif.

Operasi lasik biasanya berlangsung sekitar 30 menit. Selama operasi, Anda diharuskan berbaring terlentang di kursi malas. Anda akan diberi obat untuk membantu lebih rileks. Setelah Anda diberi tetes mata mati rasa, barulah prosedur operasi dilakukan. Sebelumnya Anda akan dipasang alat untuk menahan kelopak mata supaya selalu terbuka selama prosedur operasi berlangsung.

Prosedur pembedahan dilakuan dengan menyayat lapisan flap kornea, kemudian dilakukan penyinaran menggunakan sinar laser untuk memperbaiki mata yang rusak. Kemudian flap kornea ditutupkan dan akan menempel dengan sendirinya tanpa perlu dijahit sehingga operasi lesik tidak menimbulkan bekas luka/ jahitan

Tingkat keberhasilah operasi lasik cukup tinggi yaitu mencapai 80-90%, Cukup sepadan jika melihat biaya operasi lasik yang cukup tinggi. Sejak tahun 1996, operasi mata LASIK telah disetujui dan dianggap aman oleh FDA. LASIK memiliki tingkat keberhasilan yang luar biasa, dengan 96% dari pasien mencapai tajam penglihatan 20/20 atau lebih baik, menurut the American Society of Cataract and Refractive Surgery.

Baca Juga : Biaya dan Efek Samping Operasi Lasik Mata Minus

Selama operasi berlangsung, Anda akan diminta untuk fokus memandang titik cahaya. Hal tersebut bertujuan untuk mambantu menjaga mata supaya tidak bergerak sementara laser sedang membentuk ulang kornea. Bila Anda perlu operasi lasik untuk kedua mata, dokter akan melakukan operasinya pada hari yang sama.

Setelah operasi biasanya mata Anda akan terasa gatal, terbakar dan berair. Penglihatan kemungkinan akan kabur untuk sementara waktu dan biasanya akan mengalami sedikit rasa sakit, namun jangan khwatir karena akan sembuh dengan cepat. Anda akan diberi obat tetes mata supaya mata terasa nyaman selama beberapa jam setelah operasi. Namun penglihatan tidak akan jelas dengan cepat, perlu waktu sekitar dua sampai tiga bulan setelah operasi untuk dapat melihat dengan jelas.

Baca Juga : Obat Herbal Mata Minus Dengan Nano Teknologi

Anda diharuskan untuk melakukan kontrol setelah satu atau dua hari paska operasi supaya memeriksa kemungkinan adanya komplikasi. Serta kontrol rutin selama kurun waktu enam bulan juga diperlukan. Konsultasikan dengan dokter kapan Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

obatobatanherbal.org

Sponsor BY

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *