Penyebab Ginjal Bengkak Serta Cara Menanganinya

Ginjal bengkak atau hidronefrosis merupakan kondisi ketika ukuran ginjal lebih besar dari ukuran normalnya, hal ini karena terjadinya penumpukan urine di salah satu jinjal atau juga pada kedua ginjal. Kondisi ini bisa terjadi karena urine tidak bisa dikeluarkan menuju kandung kemih karena adanya penyumbatan di saluran ureter yang menuju kandung kemih.

Normalnya ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat dalam darah, kemudian membuang kotoran tersebut bersama cairan tubuh dalam bentuk urine atau air kencing. Urine akan disalurkan ke kandung kemih melalui ureter, tetapi proses penyaluran dapat terhambat bila terdapat penyembatan di dalam saluran ureter. Akibatnya urine tidak dapat keluar dan bahkan naik kembali ke ginjal sehingga terjadi penumpukan urine di ginjal dan menyebabkan ginjal membengkak.

Penyebab Penyakit Ginjal Bengkak Serta Cara Menanganinya

Gejala yang dapat muncul pada kondisi ginjal bengkak ringan yaitu keinginan untuk buang air kecil dan sering buang air besar. Jika kondisi ini dibiarkan maka gejala akan semakin parah dan disertai dengan muntah, mual, demam, urine tidak keluar semuanya, nyeri panggul dan perut serta nyeri saat buang air kecil.

Penyebab Ginjal Bengkak

Penyebab dari kondisi ginjal bengkak dapat berbeda pada seriap orangnya tergantung pada usianya. Salah satu penyebab yang paling sering mengakibatkan ginjal bengkak adalah karena penyumbatan pada ginjal yang disebabkan oleh adanya batu ginjal. Untuk lebih jelas simak beberapa penyebab ginjal bengkak dibawah ini:

  • Batu Ginjal
    Batu ginjal atau dalam istilah medis Nefrolitiasis merupakan keadaan adanya material dengan struktur keras yang terbentuk di dalam ginjal. Material ini sebenarnya berasal dari zat-zat beracun atau limbah yang terdapat pada darah yang seharusnya tersaring oleh ginjal namun mengendap dalam binjal dan mengkristal seiring berjalannya waktu. Dalam ukuran yang kecil sebenarnya batu ginjal tersebut dapat keluar bersama urine, namun jika ukurannya besar bisa menyumbat atau mengiritasi saluran ureter dan menyebabkan penumpukan urine di ginjal sehingga ginjal menjadi bengkak.
  • Trauma Ginjal
    Trauma pada ginjal dapat menjadi penyebab utama ginjal bengkak. Umumnya trauma ginjal dibarengi dengan trauma organ vital lainnya. Trauma pada ginjal bisa disebabkan karena pernah mengalami kecelakaan atau terjadi benturan pada ginjal, bisa juga kerana luka tertusuk pada bagian ginjal.
  • Sindrom Ginjal Polikistik
    Penyebab lain dari ginjal bengkak adalah sindrom ginjal polikistik, kondisi ini terjadi karena tumbuhnya kista pada ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan pengbengkakan pada ginjal. Kondisi ginjal polikistik saat ini belum ada obatnya, hanya dengan penanganan medis yang dapat menyebabkan komplikasi yaitu infeksi pada saluran kemih.
  • Penyempitan ureter
    Saat penyempitan saluran kencing terjadi, hal ini menjadi ciri adanya penyempitan di dalam saluran ginjal yang menuju ureter atau kandung kemih. Jika terjadi penyempitan saluran ureter maka ariran urine menuju kandung kemih akan terhambat yang akan menyebabkan penumpukan urine di dalam ginjal sehingga ginjal akan membengkak.

Baca Juga : Obat Herbal Kanker dan Tumor

  • Tumor Ginjal
    Pembengkakan pada ginjal bisa menjadi tanda seseorang terkena tumor ginjal. Orang yang berisiko terkena tumor ini adalah mereka yang berusia 50 tahun lebih. Penderita akan merasakan pembesaran pada pinggang, selain itu cepat lelah, hilang nafsu makan dan penurunan berat badan menjadi tanda terkena tumor ginjal.
  • Batu Kandung Kemih
    Penyebab lain dari ginjal bengkak adalah batu kandung kemih. Batu kandung kemih tidak sama seperti batu ginjal, meski banyak yang beranggapan hal ini sama. Batu kandung kemih mempunyai gejala sulit buang air kecil, urine berdarah, sakit saat buang air kecil, hal ini terjadi karena adanya batu yang terbentuk pada saluran keluarnya urine.
  • Pembekuan darah
    Pembekuan darah bisa jadi penyebab pembengkakan pada ginjal. Hal ini dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah menuju ginjal tersebut. Kondisi ini akan membuat cairan dan zat yang harusnya melalui ginjal akan terhenti dan menumpuk. Pembengkakan ginjalpun terjadi serta akan terlihat pembesaran di pinggang yang terlihat besar di bandingkan dengan normalnya.
  • Pembesaran Prostat
    Pembesaran pada prostat dapat menjadi penyabab pembengakakan pada ginjal. Pembesaran prostat merupakan kondisi penyakit yang mempunyai gejala seperti urine yang keluar tersendat-sendat, berkemih dengan mengejan, sulit mengeluarkan urine, beser, urine berdarah dan adanya rasa tidak tuntas saat berkemih meskipun sering berkemih, hal ini dapat menyebabkan ginjal yang membengkak.
  • Kerusakan Fungsi Saraf Kandung Kemih
    Rusaknya fungsi saraf yang berfungsi mengendalikan kinerja kandung kemih mampu menjadi faktor penyebab timbulnya pembesaran di bagian ginjal.

Diatas merupakan beberapa penyebab dari kondisi jinjal bengkak, mungkin masih ada beberapa penyebab yang lainnya yang tidak dibahas disini. Untuk melakukan penanganannya atau pengobatannya silahkan simak caranya dibawah ini.

Cara Menangani Ginjal Bengkak

Penaganan pada ginjal bengkak tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Jika penyebabnya adalah karena batu ginjal, maka diperlukan terapi untuk menghancurkan batu tersebut. Bisa menggunakan obat-obatan hingga tindakan operasi. Jika penyebab ginjal bengkak karena gejala penyakit lain, maka upaya yang dilakukan adalah dengan mengobati penyakit yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga : Obat Herbal Ginjal Bengkak Aman dan Efektif

Karena penyabab ginjal bengkak sangat banyak dan beragam, maka sebaiknya periksakan terlebih dahulu kepada dokter terutama dokter spesialis urologi agar dapat langsung mengetahui penyebab ginjal bengkak tersebut dan agar mendapat pengobatan yang tepat serta komprehensif.

Demikian pembahasan mengenai gejala ginjal bengakak serta cara menanganinya, Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca secara umum. Terimakasih. Baca Juga ( Obat Herbal Penurun Asam Urat dan Kolesterol ).

obatobatanherbal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *