Penyebab Pengapuran Pada Tulang Pinggang dan Persendian

Pengapuran tulang pinggang atau dalam istilah medis biasa disebaut osteoarthritis merupakan peradangan pada tulang pinggang yang menyebabkan kaku dan rasa nyeri pada tulang pinggang. Pada beberapa kasus, pengapuran pinggang tersebut dapat menyebabkan pembengkakan serta kerusakan yang meliputi pinggang, punggung, lutut dan tangan.

Mungkin Bermanfaat : Obat Pengapuran Tulang Pinggang Terbaik

Gejala yang timbul dari pengapuran tulang pinggang biasanya akan berkembang perlahan dari mulai menunjukan gejala yang ringan sampai lama-kelamaan gejala akan semakin parah. Tinggkat keparahan gejala pengapuran tulang pinggnag dapat berbeda-beda setiap penderitanya, tergantung pada lokasi tulang atau sendi yang bermasalah.

Penyebab Rasa Sakit Pada Pengapuran Tulang Pinggang

Penyebab Pengapuran Pada Tulang Pinggang dan Persendian

Rasa sakitdan nyeri pada tulang pinggang atau sendi umumnya dirasakan ketika menggerakan tubuh terutama pada bagian sendi yang sedang mengalami pengauran. Selain rasa nyeri, biasanya juga disertai dengan rasa kaku pada sendi dan sulit digerakan. Gangguan ini juga dapat menyebabkan rusaknya tulang rawan pada pinggang dan persendian.

Berikut ini gejala dari pengapuran tulang pinggang:

  1. Nyeri atau munculnya rasa sakit pada pinggang.
  2. Nyeri muncul secara bertahap atau terasa seperti ada didalam.
  3. Nyeri biasanya muncul pada pagi hari atau ketika bangun tidur dan akan terasa membaik jika melakukan aktivitas ringan.
  4. Mengalami kaku dan bengkak pada persendian.
  5. Gerakan pinggang terbatas.
  6. Sendi tidak stabil, sehingga ketika melangkah dan berjalan lutut seperti bergoyang.

Penyebab Pengapuran Tulang Pinggang

Penyebab pasti pengapuran tulang pinggang saat ini belum dapat diketahui. Dugaan sementara pengapuran tulang pinggang disebabkan karena faktor usia yang semakin tua akan menyebabkan tulang dan sendi semakit melemah dan juga akibat dari pernah mengalami trauma atau penturan pada tulang dan sendi. Berikut ini beberapa penyebab pengapuran tulang pinggang:

  • Usia. Seseorang yang telah janjut usia atau yang mempunyai usia diatas 45 tahun akan berisiko terkena penyakit osteoarthritis atau pengapuran tulang pinggang dan sendi.
  • Cedera pada persendian. Sendi yang pernah mengalami cedera atau mengalami trauma dapat berisiko terkena penyakit pengapuran sendi dan tulang.
  • Jenis kelamin. Umumnya wanita lebih berisiko mengalami osteoarhtritis dibandingkan dengan pria.
  • Faktor keturunan. Pengapuran sendi dan tulang pinggang juga dapat disebabkan oleh faktor genetika atau menurun dari keluarga.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan beban pada persendian semakin tinggi, yang dapat meningkatkan risiko pengapuran sendi.
  • Mempunyai riwayat penyakit arthritis lain. Mengalami penyakit seperti rheumatoid arthritis dan asam urat dapat meningkatkan risiko terkena penyakit osteoarthritis.

Selain penyebab diatas, beberapa kondisi berikut ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami osteoarthritis. Berikut diantaranya:

  1. Terlalu Lama Membungkuk. Seseorang yang sering membungkuk atau membungkuk terlalu lama dapat menyebabkan bantala pada tulang belakang menjadi pecah dan menjepit sarat pada tulang, sehingga menimbulkan rasa nyeri.
  2. Bekerja terlalu keras atau berlebihan.
  3. Berdiri dan duduk terlalu lama.
  4. Sering mengangkat barang-barang yang berat namun salah posisi saat mengangkatnya sehingga menimbulkan cedera.
  5. Postur tubuh yang buruk ketika berdiri atau duduk.

Nah, itulah beberapa penyebab yang dapat menimbulkan masalah osteoarthritis atau pengapuran sendi dan tulang pinggang. Sebaiknya cegah masalah ini sejak dini supaya dapat terhindar dari pengapuran pinggang dengan cara menjaga dan merawat sendi dan tulang tetap sehat, dengan berolahraga secara rutin semampunya, mengkonsumsi makanan yang menyehatkan tulang, biasakan menjaga postur tubuh tetapt baik.

Saat ini telah hadir suplemen kesehatan yang diformulasikan khusus untuk masalah tulang dan persendian. Triflex Capsule Green World suplemen alami dari 100% bahan herbal terbaik pilihan para ahli kesehatan dunia. Lebih jelas KLIK DISINI.

obatobatanherbal.org

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *