Pertolongan Pertama Nyeri Perut Pada Anak

Setiap orang tua pasti khawatir bila anak terserang penyakit. Terlebih jika anak mengalami nyeri perut. Meski sebagian besar penyebab nyeri perut tidak terlalu serius, tetapi ada beberapa penyebab nyeri perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Untuk itu sebaiknya orang tua lebih memperhatikan buah hati bila anak mengalami nyeri perut.

Nyeri perut merupakan hal yang sering terjadi pada anak-anak. Nyeri perut pada anak dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya makanan, keracuan, sembelit, infeksi lambung dll. Orang tua harus mengetahui penyebab anak mengalami nyeri perut agar dapat sesegera mungkin mengatasinya dan dengan cara yang tepat supaya kondisi anak tidak semakin memburuk.

Cara Melakukan Pertolongan Pertama Nyeri Perut Pada Anak

Penyebab Nyeri perut pada anak bisa terjadi karena beberapa macam penyebab. Bisa terjadi karena masalah kesehatan atau bahkan terjadi karena gejala dari sebuah penyakit yang serius. Berikut beberapa penyebab nyeri perut pada anak :

  • Diare
    Diare merupakan buang air besar yang frekuensinya lebih sering dan konsistensi tinja lebih encer dari biasanya.
  • Infeksi Saluran kemih
    Lebih sering pada anak usia satu sampai lima tahun. Infeksi Saluran kemih menimbulkan ketidaknyamanan di perut dan daerah kandung kemih.
  • Usus Buntu
    Usus buntu sangat jarang terjadi pada anak usia dibawah tiga tahun. Ciri terkena usus buntu yaitu sakit perut pada perut bagian tengah, kemudian rasa sakit merambat kesisi kanan berut.
  • Keracunan Timbal
    Sering terjadi pada balita, gejala keracunan timbal tidak hanya sakit perut, tetapi juga sembelit, mudah marah, lesu, dll.
  • Alergi Susu
    Ini merupakan reaksi terhadap protein dalam susu yang biasanya terjadi pada bayi yang lebih muda, dapat menyebabkan kram nyeri perut, sering disertai dengan muntah, diare, dan ruam pada kulit.
  • Maag
    peradangan atau luka yang terjadi pada permukaan lambung. Maag akut sering terjadi secara tiba-tiba, sementara maag kronis terjadi secara perlahan. Gejala khasnya adalah mual, muntah dan kembung bahkan bisa sampai ke ulu hati.
  • Batu Saluran empedu
    dikarenakan timbunan kerak atau kristal di dalam kantung empedu atau saluran empedu. Gejala yang umum dirasakan oleh anak adalah rasa nyeri pada perut kanan atas biasanya kondisi ini hilang timbul, mual, muntah dan demam.

Pertolongan Pertama Saat Anak Mengalami Nyeri Perut

Sebelum Membawanya ke dokter, Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Jika anak Anda mengalami nyeri perut ringan tanpa dibarengi dengan gejala lainnya, Anda bisa memberikannya air putih. Selain itu, Anda juga bisa memberinya makanan dalam porsi lebih kecil, namun lebih sering, seperti nasi, roti kering, dan biskuit. hindari memberikan obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, parasetamol, atau obat lainnya tanpa seizin dokter. Untuk lebih jelasnya berikut cara pertolongan pertama pada anak yang mengalami nyeri perut, sebagai berikut:

  • Biarkan Anak Untuk Beristirahat
    Cegah anak untuk beraktivitas sementara, khususnya setelah makan. Jangan biarkan juga anak berbaring setelah makan, karena akan memperberat saluran pencernaan.
  • Tangani Gejala
    Berikan anak air putih untuk minum, beri makanan yang lunak, hindari makanan yang pedas, berminyak atau yang mengandung kafein sampai gejalanya hilang, Ajak anak untuk buang air besar, hindari pemberian obat-obatan tanpa arahan dokter.
  • Pergi Kedokter
    Hubungi dokter atau segera bawa anak ke dokter apabila nyeri terus menerus dan tidak kunjung reda, dan tidak hilang dalam waktu 24 jam, perut tampak bengkak atau keras ketika disentuh, Demam yang tidak dapat dijelaskan, banyak muntah atau diare, BAB berdarah, mutah berdarah, pipis berdarah, mempunyai riwayat kecelakanaan atau benturan diperut dan jika kondisi anak semakin buruk.

Baca Juga : Obat Sakit Perut Melilit Pada Anak

Diatas beberapa hal yang bisa dilakukan jika anak Anda mengalami Nyeri perut agar anak bisa ditangai dan disembuhkan. Supaya hal ini tidak terjadi dan anak tidak mudah nyeri perut ada baiknya Anda melakukan pencegahan nyeri perut pada anak. Berikut beberapa cara pencegahannya:

  • Membiasakan anak untuk menjaga kebersihan, seperti cuci tangan sebelum makan.
  • Hindari anak untuk mengkonsumsi makanan pedas, tidak higienis, minuman bersoda, kafein, makan coklat terlalu banyak, dan makanan yang dapat memicu anak nyeri perut.
  • Menggunakan sanitasi yang baik dan bersih, makanan higienis dan alat-alat makan yang bersih agar terhidar dari infeksi.

Diatas adalah sederet cara sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat anak mengeluh mengalami nyeri perut. Sekali lagi jika pertolongan ini tak ampuh maka segera bawa anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

obatobatanherbal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *