Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang sangat rendah atau dibawah tekanan normal (120/80 mmhg), sehingga menyebabkan gejala seperti pusing, mudah pingsan, kelelahan, mual, sesak napsa, penglihatan kabur, jantung berdebar, demam dan kulit lembab (keringat dingin).

Seseorang yang menderita tekanan darah rendah atau hipotensi tekanan darah mereka secara tetap berada pada 90/60 mmhg atau lebih rendah. Ketika tekanan darah dalam tubuh rendah bisa mengakibatkan aliran darah yang tidak mencukupi untuk menjangkau dengan maksimal ke organ-organ tubuh seperti otak, ginjal, dan hati. Tekanan darah rendah jika tidak segera ditangani bisa berakibat patal bahkan bisa mengancam jiwa.

Ramuan Tradisional Yang Bisa Mengobati Tekanan Darah Rendah

Penanganan yang tepat untuk mengatasi kodisi tekanan darah rendah adalah dengan mengetahui penyebabnya. Tetapi Anda bisa mencoba beberapa pengobatan alami di rumah dengan menggunakan ramuan tradisional untuk mengurangi gejala. Beberapa ramuan tradisional berikut ini bisa mengurangi bahkan mengobati gejala tekanan darah rendah, diantaranya:

  • Air Garam
    Air garam bisa membantu mengatasi tekanan darah rendah karena kandungan sodium dalam garam mampu meningkatkan tekanan darah. Namun jangan berlebihan menggunakan garam karena dampaknya akan menjadi tidak sehat. Cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam kedalam segelas air dan meminumnya.
  • Jus Buat Bit
    Jus buah bit merah sangat membantu untuk menormalkan tekanan darah rendah. Untuk tekanan darah rendah, minumlah secangkir jus buah bit dua kali sehari selama sekitar satu minggu.
  • Jus wortel
    Buatlah jus wortel segar, kemudian tambahkan dua sendok makan madu . Minum dua kali sehari ( pada waktu perut kosong di pagi hari dan di malam hari ). Hal ini juga akan sangat membantu untuk meningkatkan tekanan darah rendah Anda.
  • Daun Kemangi
    Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa daun kemangi sangat baik untuk mengatasi darah tinggi, padahal sebenarnya daun ini pun berfungsi menormalkan tekanan darah yang rendah. Karena dapat dengan mudah didapat dan bahkan sering dijadikan lalapan, Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan juga. Setiap hari, Anda bisa memakan daun kemangi supaya tekanan darah yang rendah dapat meningkat dan berada pada kadar normal. Selain masalah darah rendah, daun kemangi pun akan membantu Anda mengatasi masalah bau mulut secara efektif hingga bau badan juga. Karena tak berefek samping, siapapun dengan masalah darah rendah bisa mengandalkan daun ini.

Baca Juga : Obat Herbal Darah Rendah atau Hipotensi

  • Lempuyang Wangi
    Lempuyang wangi bisa dijadikan sebagai ramuan tradisional untuk memulihkan tekanan darah rendah. Caranya cukup dengan mengonsumsinya secara teratur setiap hari. Jika dikonsumsi secara tetatur, perlahan tekanan darah rendah pun akan kembali normal.
  • Kulit Manggis
    Sudah bukan rahasia lagi kalau kulit manggis sangat baik untuk kesehatan tubuh, kulit manggis juga bermanfaat untuk menormalkan kembali peredaran darah dan tekanan darah. Konsumsi setiap hari secara teratur akan membantu meningkatkan kembali tekanan darah yang rendah.
  • Jahe
    Rempah satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk darah rendah yang alami dan efektif selain sebagai obat batuk yang ampuh. Tidak perlu khawatir akan efek samping jahe karena selama Anda mengonsumsi pada takaran yang wajar tidak akan membahayakan tubuh. Rebuslah untuk dapat mengonsumsi air rebusannya setiap hari secara rutin sampai tekanan darah rendah normal kembali.
  • Buah Kurma
    Banyak dari Anda pastinya menggemari buah kurma, buah yang satu ini menawarkan rasa nikmat karena manis. Selain dapat dijadikan es atau puding lezat, buah ini rupanya dapat dikonsumsi oleh para penderita darah rendah untuk mengembalikan kadar darah kembali meningkat dan normal. Konsumsilah buah ini setiap hari agar efek positifnya bisa dirasakan secepatnya.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

  • Akar Licorice
    Rendahnya kadar kortisol dapat membuat tekanan darah menjadi rendah, akar licorice dapat memblokir enzim penyebab pecahnya kortisol dan meningkatkan fungsi adrenalin. Bagi para penderita sindrom kelelahan kronis, bahan ini juga akan mengatasi masalah kelelahan tersebut dengan baik. Sediakan teh dari akar licorice dengan menyeduh sesendok teh akar licorice yang telah berbentuk bubuk atau akar kering pada secangkir air panas. Seduhlah selama 5 menit saja dan setelah lebih hangat, Anda dapat meminumnya secara rutin dalam beberapa hari untuk merasakan hasilnya.
  • Kunyit dan Kuning Telur
    Ramuan tradisional lainnya yang ampuh adalah kunyit yang dicampur dengan kuning telur ayam (khususnya ayam kampung). Kunyit harus Anda parut lebih dulu, lalu tambahkan air sedikit, lalu peraslah. Siapkan telurnya dan ambil kuningnya saja lalu kocok, lanjutkan dengan menambahkan air perasan dari parutan kunyit. Rasanya akan pahit, jadi Anda dapat menambahkan madu secukupnya sebagai pemanis alami. Ramuan tradisional ini dapat diminum sehari 2 kali, yaitu setiap pagi maupun sore/malam selama beberapa hari berturut-turut. Dengan mengonsumsi rutin, dipastikan Anda akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Masih banyak ramuan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati atau menyembuhkan tekanan darah rendah. Konsumsi secara rutin ramuan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian pembahasan mengenai ramuan tradisional untuk mengobati tekanan darah rendah. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *