Tips Mencegah Gejala Insomnia

Insomnia atau susah tidur merupakan hal yang sering menggangu seseorang secara umum. Insomnia terjadi sebab adanya stress atau pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, tetapi dalam jangka panjang akan berbahaya bagi penderitanya.

Insomnia atau susah tidur bisa mengakibatkan anda kekurangan darah sebab sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis akan berpengaruh pula pada kerja organ lainya seperti pencernaan, pernafasan dan juga hal lainya.

Tips Pencegahan Insomnia atau Susah Tidur Malam Hari

Berikut ini tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Insomnia antara lain:

1. Berolahraga teratur
Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga teratur bisa membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan anda lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang timbul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan
Ini membantu tubuh cepat pulihdari rasa lelah dan cape dari aktivitas sehari hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainya dari tempat tidur anda tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi insomnia dapat juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami
Malam hari adalah waktu yang alami untuk seseorang  tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, sebab dapat membuat anda susah tidur di malam hari.

4. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur 8 jam dalam sehari
Jangan memotong waktu tidur anda, karna dalam jangka panjang akan merusak pola hidup anda.

5. Jangan memaksakan untuk tidur
Tidur itu alami dan mudah, apabila anda memaksakan untuk tidur anda akan merasa cemas dan tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur, berbalinglah dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur
Anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda akan segera mengantuk Apabila anda ke tempat tidur dan berniat tidak mau tidur, insomnia tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan reaksasi
Seperti membaca buku yang bagus atau menggunakan musik sebagai alat untuk tidur.

8. Kurangi mengonsumsi minuman yang bersifat stimulan
Kurangi minuman seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan membuat anda terjaga yang tentunya tidak anda perlukan bila ingin tidur.

9. Mengatasi insomia dapat juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi
Sebuah masalah hidup dapat mengganggu tidur anda, sebab akan selalu terbawa dipikiran ketika anda ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter
Jika tidur anda terus menerus terganggu, kadang-kadang munkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit, bernafas masalah atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran anda
Hilangkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran  anda lewat media blog.

12. Tidur dan bangunlah dengan periode teratur
Setiap hari waktui tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Demikian informasi mengenai Tips Mencegah Insomnia atau Susah Tidur Malam Hari. Terimakasih telah berkunjung ke website kami Semoga ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *